Dukungan DOB Tasikmalaya Utara Makin Moncer

Senin, 9 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

foto: istimewa

foto: istimewa

DARA- Anggota DPRD Fraksi Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, Dadang Rahmat Al Faruq, mendukung penuh pemekaran Tasikmalaya Utara sebagai daerah otonom baru (DOB) di Jawa Barat Senin (9/5/2022).

Dadang mengatakan Tasikmalaya Utara secara geografis sudah layak untuk menjadi daerah otonom baru (DOB). Bahkan menurut dia, setiap kecamatan memiliki potensi ekonomi, yang jika DOB bisa dikembangkan bagi esejahteraan masyarakat.

 

“Tentu saya sangat mendukung pemekaran Tasik Utara dan hal tersebut bukan karena melihat Tasik Selatan tetapi gagasan Tasik Utara mekar tersebut sudah jauh terlahir tetapi tidak berlanjut,” ungkapnya.

 

Untuk kepentingan DOB Task Utara lanjut dia,  sudah dua kali terbentuk presidium pemekaran Tasik Utara. Namun tidak ada optimal untuk mempercepat terbentuknya DOB.

Maka saat ini perwakilan tokoh di tiap-tiap Kecamatan sedang merumuskan dan berharap lahirnya DOB.

 

“Sekarang baru dalam tahap perumasan, insyaallah nanti terbentuk presidium Tasik Utara, baru perwakilan sembilan kecamatan yang menyatakan sikap Tasik Utara menjadi DOB,” tegasnya.

 

Dadang yang juga anggota DPRD dari dapil III Kabupaten Tasikmalaya yang meliputi Kecamatan Ciawi, Jamanis, Sukaresik, Kadipaten dan Pagerageung ini berharap ada 11 kecamatan yang gabung ke Tasik Utara.

“Antara 9 sampai 11 Kecamatan meliputi dapil 2 dan 3 Kabupaten Tasikmalaya, untuk dapil 2 diantaranya, Kecamatan Cisayong, Rajapolah, Sukahening, Sukaratu, Padakembang dan Leuwisari,” jelasnya.

Terkait DOB, lanjut dia, tentunya harus mempersiapkan segalanya sesuai UU 23 / 2014, janten CDPOB (Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru). Maka dengan hal itu, Dadang mengajak seluruh elemen untuk bersatu.

 

“Secara geografis Tasik Utara berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, Majalengka dan Garut, juga dilintasi jalan nasional ini sangat ideal untuk pemekaran sebagai DOB,” ujarnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Yod Mintaraga mengatakan Tasikmalaya bagian utara berpotensi menjadi daerah otonom baru (DOB) dan mekar dari induknya yaitu Kabupaten Tasikmalaya.

“Tasik Utara itu kondisi infrastruktur sudah bagus jalan-jalan sudah di hotmix sampai pedesaan, pasar dan terminal ada juga jadi bisa saja untuk pemekaran,” ungkap Yod Mintaraga, Rabu (6/4/2022).

Selain itu, kata politisi senior partai Golkar ini, Perguruan tinggi, SMA dan SMK sarana pendidikan tersebut ada di Tasik Utara, jadi intinya telah layak untuk menjadi daerah otonom baru (DOB).

“Ada pasar Rajapolah, Pasar Ciawi, sama seperti terminal juga, Rajapolah ada, Ciawi ada, bahkan Perguruan tinggi sudah ada yaitu di Suryalaya, dan SMK Negeri terbaik ada di Rajapolah, berikut SMA Negeri terbaik ada di Ciawi, MAN juga ada di Ciawi,” tutur Ketua Fraksi Partai Golkar Jabar ini.

 

Yod melanjutkan, Potensi daerah seperti pertanian, perkebunan, peternakan di sudah ada, bahkan gas bumi Karaha bodas berada di Tasik Utara, dengan demikian potensi menjadi DOB sangat terbuka.

“Potensi wisata air panas, bumi perkemahan, Kerajinan anyaman (Rajapolah) semua dimiliki (Tasik Utara), dan letak secara geografis juga sangat strategis berada pada lintasan jalan nasional,” tegasnya.

Menurut Yod, sangat logis bilamana Tasikmalaya menjadi tiga wilayah pemerintahan yaitu Kabupaten Tasikmalaya sebagai induk, Kabupaten Tasik Selatan (Tasela) dan Kabupaten Tasik Utara.

“Menjadi tiga wilayah (Tasikmalaya) Ini ideal, Jabar ini kan penduduknya paling banyak hanya Kabupaten, kotanya sedikit,” terangnya.

Hanya saja, lanjut dia, Tasik Utara belum memiliki Rumah Sakit, tetapi sarana tersebut nantinya bisa di bangun di jalan baru Ciawi-Singaparna (Cising).

“Rumah sakit kan bisa di bangun, lahan di Jalan Cising masih banyak,” pungkasnya.

 

Perwakilan Masyarakat Tasik Utara sedang merumuskan terkait DOB, terlihat hadir Ketua Fraksi Golkar Jabar, Yod Mintaraga dan Anggota DPRD Fraksi Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, Dadang Rahmat Al Faruq.(foto : Istimewa)

Berita Terkait

Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Ikut Meriahkan Sisingaan
Cek Disini, Peraih Anugerah Kawistara Jawa Barat 2024
Bupati Sukabumi Sampaikan Evaluasi Gubernur Soal Raperda Perubahan 2024 dalam Paripurna Dewan
Penjabat Bupati Subang Ajak Warga Menjaga Mata Air Desa Buniara
Jaga Kondusivitas Kamtibmas Kapolres Sukabumi Kumpulkan Puluhan Ormas dan Guru
Kolaborasi Pemasyarakatan, Lapas dan Bapas Garut Jalin Kerjasama Pembangunan SAE dan Griya Abhipraya
Banggar DPRD Kabupaten Sukabumi dan Tim TAPD Sepakati Rancangan APBD 2025
Senangnya Siswa Paud Riyadhul Aliyah Palabuhanratu Dapat Makan Bergizi Gratis
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 22:46 WIB

Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Ikut Meriahkan Sisingaan

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:06 WIB

Cek Disini, Peraih Anugerah Kawistara Jawa Barat 2024

Jumat, 25 Oktober 2024 - 09:42 WIB

Bupati Sukabumi Sampaikan Evaluasi Gubernur Soal Raperda Perubahan 2024 dalam Paripurna Dewan

Kamis, 24 Oktober 2024 - 22:01 WIB

Penjabat Bupati Subang Ajak Warga Menjaga Mata Air Desa Buniara

Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:42 WIB

Jaga Kondusivitas Kamtibmas Kapolres Sukabumi Kumpulkan Puluhan Ormas dan Guru

Berita Terbaru


Salah satu permainan di Klandestin Space yang terletak di Istana Plaza Lantai 1, Jalan Pasir Kaliki, Kota Bandung.(Foto: diskominfo)

HEADLINE

Bandung Kini Dijuluki Kota Tak Pernah Diam, Ini Buktinya

Minggu, 27 Okt 2024 - 16:56 WIB


Gunung Marapi erupsi, Minggu pagi (27/10/2024).(Foto: X PVMBG)

HEADLINE

Gunung Marapi Kembali Erupsi, PVMBG Imbau Warga Tetap Waspada

Minggu, 27 Okt 2024 - 14:33 WIB


KPU Jawa Barat resmi mendistribusikan surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, Minggu (27/10/2024). (Foto: deram/dara)

HEADLINE

KPU Jabar Distribusikan Surat Suara Untuk 5 Kabupaten Kota

Minggu, 27 Okt 2024 - 12:48 WIB