Mahasiswa Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pamulang (UNPAM) Semester Genap (4) 2022/2023, melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).
DARA |PKM berlanagsung tanggal 8 April 2023 di Panti Asuhan Yayasan Al Barkah-Asrama Yatim di JL Mahoni V Perumnas 1, Cibunar, Parung Panjang Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Tujuannya untuk membangun kepekaan mahasiswa kepada masyarakat, dimana mahasiwa bisa memberikan pembelajaran atau bantuan kepada masyarakat.
Mahasiswa juga bisa mendapatkan pembelajaran dari masyarakat untuk hal-hal dan pengalaman baru yang didapat dari (PKM).
Terkait itu mahasiswa Universitas Pamulang Prodi S1 Akuntansi (Alma, Dinda, Eka, Marsha) melaksanakan serangkaian kegiatan PKM tersebut didampingi Habibah, selaku dosen pembimbing.
“Kami mengusung tema “Teknologi Digital untuk Mengembangkan Media Pembelajaran yang Kreatif dan Interaktif”.
Dalam era digital yang terus berkembang, penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan menjadi semakin penting.
Teknologi digital tidak hanya memfasilitasi akses terhadap informasi yang luas, tetapi juga mendorong perkembangan media pembelajaran yang kreatif dan interaktif.
Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana teknologi digital dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi para pelajar.
Salah satu aspek penting dalam pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan interaktif adalah penggunaan multimedia. Multimedia menggabungkan berbagai elemen, seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi, untuk menyajikan informasi dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami.
Teknologi digital memungkinkan guru dan pengembang media pembelajaran untuk menciptakan konten multimedia yang menarik, seperti presentasi slide, video pembelajaran, dan simulasi interaktif.
Video pembelajaran adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang sangat efektif dalam mengkomunikasikan informasi kompleks secara visual. Dengan adanya platform berbagi video seperti YouTube, guru dapat membuat dan membagikan video pembelajaran mereka kepada siswa di mana saja dan kapan saja. Video pembelajaran dapat diakses ulang oleh siswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan memungkinkan mereka untuk
belajar secara mandiri.
Selain video, simulasi interaktif juga merupakan teknologi digital yang sangat berguna dalam pengembangan media pembelajaran.
Simulasi memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan memahami konsep yang rumit dengan cara yang lebih terlibat. Misalnya, dalam mata pelajaran sains, simulasi dapat memungkinkan siswa untuk menjalankan eksperimen virtual, mengamati hasilnya, dan mengeksplorasi konsep secara praktis.
Teknologi digital juga memungkinkan adanya kelas virtual atau e-learning, di mana siswa dapat mengakses materi pembelajaran, tugas, dan interaksi dengan guru dan teman sekelas melalui internet.
Kelas virtual memberikan fleksibilitas waktu dan tempat bagi siswa untuk belajar, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan geografis atau jadwal yang padat.
Platform e-learning juga dapat dilengkapi dengan fitur interaktif, seperti forum diskusi, kuis online, dan tugas yang dapat dikirim secara elektronik, yang meningkatkan interaksi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
Selain itu, teknologi digital telah memberikan kemajuan dalam hal realitas virtual (VR) dan realitas augmentasi (AR). Dalam konteks pendidikan, VR dan AR dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang mendalam dan imersif. Misalnya, dengan menggunakan headset VR, siswa dapat “mengunjungi” tempat-tempat bersejarah atau eksplorasi lingkungan alam tanpa harus meninggalkan kelas.
AR juga dapat digunakan dalam buku teks yang ditingkatkan untuk menyajikan konten tambahan, seperti model 3D yang dapat diinteraksi langsung oleh siswa.
Editor: denkur