7 Langkah Atasi Demam, Flu dan Batuk pada Anak, Nomor 3 Sangat Mudah Dilakukan

Sabtu, 26 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy



Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih rentan mengalami demam, flu dan batuk. Alasannya karena sistem kekebalan masih belum sempurna. (Ilustrasi Foto: dara.co.id)

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih rentan mengalami demam, flu dan batuk. Alasannya karena sistem kekebalan masih belum sempurna. (Ilustrasi Foto: dara.co.id)

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih rentan mengalami demam, flu dan batuk. Alasannya karena sistem kekebalan masih belum sempurna.

DARA| Demam, flu, dan batuk pada anak merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami, khususnya pada usia sekolah. Meski umumnya tidak berbahaya, demam, flu, dan batuk bisa membuat anak jadi lebih rewel dan sulit tidur.

Hal ini tentu membuat hati Bunda jadi gak tenang, ya. Untuk mengembalikan keceriaan Si Kecil, beragam tips di artikel ini patut Bunda coba.

Dikutip dari alodokter.com, demam, flu, dan batuk pada anak bisa disebabkan infeksi virus maupun bakteri. Kendati bukanlah kondisi yang berbahaya, demam, flu, dan batuk kerap membuat anak jadi lemas dan tidak nyaman, sehingga ia akan sulit beraktivitas.

Tips Atasi Mengatasi Demam, Flu, dan Batuk pada Anak Tanpa Stres :

Cara agar keluhan yang dialami Si Kecil segera menghilang, seperti memberikannya makan dan minum yang cukup agar ia tidak dehidrasi, mengoleskan balsam khusus ke dada atau punggung anak, memberikan pelukan agar Si Kecil merasa nyaman dan tidak rewel, sampai memberikan obat pereda demam dan gejala flu, seperti paracetamol khusus anak.

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih rentan mengalami demam, flu dan batuk. Alasannya karena sistem kekebalan tubuh anak masih berkembang dan belum sempurna.

Berikut Tips Mengatasi Demam, Flu, dan Batuk pada Anak Tanpa Stres :

1. Berikan anak makanan bergizi

Demam, flu, dan batuk pada anak mungkin bisa membuat Si Kecil malas makan, apalagi jika tenggorokannya terasa sakit. Meski begitu, Bunda tetap dianjurkan untuk memberikan makanan bergizi kepada anak, seperti makanan tinggi protein, vitamin C, dan antioksidan.

Soalnya, berbagai nutrisi ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga imunitasnya makin kuat untuk melawan kuman penyebab demam, flu dan batuk.

2. Penuhi kebutuhan cairan harian anak

Memenuhi kebutuhan cairan harian anak saat ia mengalami demam, flu, dan batuk, bisa mencegah terjadinya dehidrasi juga menjaga kelembapan hidung dan mulutnya. Selain itu, minum air putih yang cukup juga bisa membantu mengencerkan dahak sehingga dahak mudah dikeluarkan ketika batuk.

Nah, sebagai patokan, Bunda perlu memberikan Si Kecil minum air yang cukup sesuai usianya, ya. Anak berusia 1–3 tahun perlu minum sebanyak sekitar 4 gelas per hari, sedangkan anak usia 4–8 tahun sekitar 5 gelas per hari.

Untuk anak-anak berusia di atas 8 tahun dan remaja, kebutuhan cairan tubuh sudah sama dengan orang dewasa, yaitu sekitar 8 gelas per hari.

3. Atur posisi kepala anak lebih tinggi saat tidur

Ketika demam, flu, dan batuk pada anak terjadi, hidung anak mungkin akan tersumbat. Karena hal ini, Si Kecil jadi rewel dan sulit untuk bernapas ketika tidur. Untuk membuat pernapasannya lebih lega, Bunda bisa nih memberikan bantal tambahan untuk menopang kepala Si Kecil agar ia mudah bernapas saat tidur.

4. Berikan madu pada anak

Bagi anak yang berusia lebih dari 1 tahun, pemberian madu juga bisa menjadi salah satu cara alami mengobati batuk, Bun. Pemberian 1–2 sendok makan madu bisa mengurangi produksi dahak dan membunuh kuman penyebab batuk sehingga keluhan ini segera mereda.

Namun, hindari pemberian madu untuk anak di bawah 1 tahun karena bisa menyebabkan keracunan botulisme, Bun.

5. Gunakan plester kompres demam

Untuk mengatasi demam yang disebabkan flu dan batuk, Bunda bisa nih menggunakan plester kompres demam. Plester seperti ini mengandung hidrogel yang berfungsi menyerap panas dari kulit sehingga bisa membantu menurunkan demam.

Cara menggunakannya cukup mudah, Bunda hanya perlu menempelkan plester kompres demam pada kening anak. Nantinya, suhu tubuh anak berangsur-angsur akan menurun, Bun.

6. Berikan sirup obat flu untuk anak

Apabila Si Kecil mengalami gejala yang membuatnya tidak nyaman, seperti hidung tersumbat, sakit kepala, demam, bersin-bersin, serta batuk, Bunda bisa memberikan ia sirup obat flu yang dijual bebas di apotek tanpa perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Jika Si Kecil sulit untuk minum obat karena tidak suka dengan rasanya yang pahit, Bunda bisa memilih obat sirup dengan rasa jeruk dan tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk anak. Pastikan juga Bunda memilih obat sirup yang sudah terdaftar di BPOM guna memastikan keamanannya, ya.

7. Peluk anak ketika tidur

Setelah Si Kecil minum obat, Bunda bisa memeluknya selama ia tidur. Pelukan yang diberikan oleh Bunda akan membuat anak merasa nyaman sehingga ia bisa tertidur pulas tanpa rewel lagi.

Selain tips di atas, anak yang sedang sakit juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Oleh sebab itu, pastikan Si Kecil tidur siang dan tidur malam yang cukup. Anak balita membutuhkan waktu tidur sekitar 10–13 jam setiap malam, sementara anak berusia 6–13 tahun perlu tidur selama 9–12 jam.

Kapan Perlu ke Dokter Ketika Anak Demam, Flu, dan Batuk?

Kendati demam, flu, dan batuk pada anak bisa sembuh sendiri tanpa obat khusus atau setelah minum obat paracetamol anak, Bunda tetap harus waspada dan segera membawa Si Kecil ke dokter, khususnya jika ia mengalami gejala berikut ini:

Sesak napas
Sesak napas
Kejang demam
Tubuhnya terasa lelah dan lemah
Sulit untuk makan dan minum
Nyeri tenggorokan sampai sulit menelan
Sakit telinga
Bibir dan mulut kering serta menangis tanpa air mata
Jarang buang air kecil

Jika Si Kecil mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan buah hati ke dokter di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang sesuai ya, Bun.

Editor: Maji

 

Berita Terkait

Anda Ingin Dukung Timnas Versus Jepang dan Arab Saudi? Simak Info Ini
Cek Disini, Peraih Anugerah Kawistara Jawa Barat 2024
Pilkada Garut, Simak Nih Gagasan Putri Karlina Soal Peran Perempuan
Anugerah Kawisatra 2024, Memelihara dan Menjaga Sastra Indonesia
Presiden Prabowo tekankan Pentingnya Persatuan dan Efisiensi dalam Mengelola Anggaran
Diskusi Universitas Paramadina: Memahami Gen-Z dalam Dunia Kerja
Pilkada Kota Bandung, APK Arfi-Yena Dirusak, Baliho hingga T Banner
Pilbup Kabupaten Bandung, Inilah Jadwal dan Tema Debat Publik Pertama
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:31 WIB

Anda Ingin Dukung Timnas Versus Jepang dan Arab Saudi? Simak Info Ini

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:06 WIB

Cek Disini, Peraih Anugerah Kawistara Jawa Barat 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 13:52 WIB

Pilkada Garut, Simak Nih Gagasan Putri Karlina Soal Peran Perempuan

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 13:38 WIB

Anugerah Kawisatra 2024, Memelihara dan Menjaga Sastra Indonesia

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 08:57 WIB

Presiden Prabowo tekankan Pentingnya Persatuan dan Efisiensi dalam Mengelola Anggaran

Berita Terbaru

CATATAN

SERANGAN KE TEHERAN Israel-Iran Berhitung Akibat

Minggu, 27 Okt 2024 - 08:29 WIB

Foto: miga/dara.co.id

BANDUNG UPDATE

Prakiraan Cuaca Bandung, Minggu 27 Oktober 2024

Minggu, 27 Okt 2024 - 05:57 WIB


Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu naik Sisingaan
di Alun -Alun Subang Sabtu (26/10/2024).(Foto: yudi/dara)

JABAR

Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Ikut Meriahkan Sisingaan

Sabtu, 26 Okt 2024 - 22:46 WIB