DARA | BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika menekankan, panitia PPDB di sekolah, khususnya yang berinteraksi langsung dengan calon peserta didik dan orang tua siswa agar dapat memosisikan diri. “Kita semua harus menyesuaikan sikap, namun tetap memberi pelayanan terbaik bagi orang tua siswa yang sudah paham maupun yang belum,” jelasnya.
Dewi Sartika menyebutkan , sasaran utama sosialisasi PPDB 2019 adalah orang tua calon peserta didik. Jika mereka sudah faham lanjut Dewi Sartikan, dipastikan tidak akan ada permasalahan, sebab orang tua siswa sudah mengerti bagaimana proses pelaksanaan PPDB tersebut.
Berkaitan dengan itu, Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dudin Rusmin Nuryadin, mengatakan selain penguasaan materi dan persiapan teknis dalam menghadapi PPDB 2019, panitia PPDB di sekolah harus mampu memberi pelayanan terbaik bagi calon peserta didik dan orang tua yang akan mendaftar.
Dudin Rusmin Nuryadin meneyatakan itu dalam kapasitas sebagai Panitia PPDB 2019, Dodin Rusmin Nuryadin, dalam rapat persiapan PPDB 2019 di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar Senin (10/6/2019).
Itu makanya Dudin para panitia PPDB di sekolah harus menerapkan 5S, yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. “Kita bisa contoh bagaimana kantor perbankan melayani konsumennya,”kata Dudin.
Dengan pelayanan yang baik, tambah Dodin, calon peserta didik dan orang tua bisa lebih mudah mencerna dan menerima informasi yang diberikan panitia sehingga suasana pendaftaran bisa berjalan kondusif dari awal sampai akhir. “Tentu saja, pelayanan yang baik harus diiringi penguasaan materi dan informasi yang lengkap pula,” katanya.
Wartawan : M Syfrin Zaini |editor: aldinar