Wilayah Selatan Kabupaten Bandung Paling Rawan Bencana

Kamis, 12 Desember 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ILUSTRASI. Foto: dara.co.id/Fattah

ILUSTRASI. Foto: dara.co.id/Fattah

Banjir, longsor, dan angin kencang merupakan potensi bencana yang dominan terjadi di bagian selatan Kabupaten Bandung. Untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan, BPBD menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah SKPD setempat.

 

 

DARA | BANDUNG — Wilayah selatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, diprediksi paling rawan terjadi bencana alam saat musim hujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung sudah mengkaji potensi ancaman di wilayah tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara, menuturkan, hasil dari Tim Kaji Cepat BPBD Kabupaten Bandung tentang potensi ancaman bencana longsor, banjir, dan angin puting beliung telah disinkronkan dengan laporan dari aparat kewilayahan.

“Tadi hasil kajian sudah disampaikan. Ternyata, laporan dari aparat kewilayahan sinkron dengan hasil kajian Tim Kaji Cepat BPBD,” kata Akhmad Djohara, seusai memimpin Rapat Koordinasi Penetapan Siaga Darurat Bencana Kabupaten Bandung, di Aula BPBD Kabupaten Bandung, Soreang, Kamis (12/12/2019).

Akhmad mengimbau masyarakat Kabupaten Bandung, terutama yang bermukim di wilayah selatan, seperti di Kecamatan Pangalengan, Kertasari, Ibun, Pacet, Pasirjambu, Ciwidey, dan Kecamatan Rancabali, mewaspadai segala potensi ancaman bencana tersebut.

Dia meminta masyarakat yang mengetahui atau merasa akan adanya potensi ancaman bencana segera melapor. “Bisa langsung melapor ke Pusdalops BPBD Kabupaten Bandung pada nomor (022) 85872591 atau langsung ke aparat kewilayahan setempat, baik camat maupun kepala desa,” ujarnya.

Menurut dia, wilayah selatan Kabupaten Bandung menjadi lokasi rawan bencana, karena kondisi geografisnya yang berbukit-bukit dan memiliki banyak tebing yang cukup curam.

Potensi rawan bencana di Kabupaten Bandung tersebut, lanjut Akhmad, diperkuat dengan laporan hasil kajian BMKG tentang puncak musim penghujan. Seusai data dari BMKG, puncak musim hujan akan terjadi mulai dari akhir Desember 2019 hingga Maret 2020.

“Perlu juga diketahui, bahwa April dan Mei 2020 juga harus diwaspadai, karena itu juga merupakan bulan pergantian musim, di mana cuaca ekstrem akan terjadi juga,” katanya.

BPBD Kabupaten Bandung menggelar rapat koordinasi bersama SKPD lainnya dalam upaya mengantisipasi potensi terjadi bencana di Kabupaten Bandung. Hasil rapat koordinasi tersebut, yakni rekomendasi yang akan menjadi bahan pertimbangan Bupati Bandung dalam menetapkan status siaga darurat melalui surat keputusan.

“Rakor ini juga menyiapkan agar seluruh SKPD di Kabupaten Bandung lebih siap dan siaga dalam mempersiapkan diri menangani berbagai macam kemungkinan bencana. Sehingga, penanganan bencana lebih cepat melalui koordinasi,” ujarnya.***

Wartawan: Muhammad Zein | Editor: Ayi Kusmawan

Berita Terkait

Prakiraan Cuaca Bandung, Minggu 27 Oktober 2024
Prakiraan Cuaca Bandung, Sabtu 26 Oktober 2024
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Sabtu 26 Oktober 2024
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Sabtu 26 Oktober 2024
Warga Binaan dan Petugas Lapas Banceuy Dilatih Penanggulangan Kebencanaan
Pilbup Kabupaten Bandung, Inilah Jadwal dan Tema Debat Publik Pertama
Prakiraan Cuaca Bandung, Jumat 25 Oktober 2024
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Jumat 25 Oktober 2024
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 27 Oktober 2024 - 05:57 WIB

Prakiraan Cuaca Bandung, Minggu 27 Oktober 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:09 WIB

Prakiraan Cuaca Bandung, Sabtu 26 Oktober 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:05 WIB

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Sabtu 26 Oktober 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:01 WIB

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Sabtu 26 Oktober 2024

Jumat, 25 Oktober 2024 - 22:55 WIB

Warga Binaan dan Petugas Lapas Banceuy Dilatih Penanggulangan Kebencanaan

Berita Terbaru


Salah satu permainan di Klandestin Space yang terletak di Istana Plaza Lantai 1, Jalan Pasir Kaliki, Kota Bandung.(Foto: diskominfo)

HEADLINE

Bandung Kini Dijuluki Kota Tak Pernah Diam, Ini Buktinya

Minggu, 27 Okt 2024 - 16:56 WIB


Gunung Marapi erupsi, Minggu pagi (27/10/2024).(Foto: X PVMBG)

HEADLINE

Gunung Marapi Kembali Erupsi, PVMBG Imbau Warga Tetap Waspada

Minggu, 27 Okt 2024 - 14:33 WIB