“Perlu kami sampaikan bahwa saat dilakukannya pemeliharaan rutin tersebut, untuk sementara Perumda Air Minum Tirta Raharja perlu melakukan penghentikan operasi pada sistem produksi,” ujar Sri Hartati.
DARA | BANDUNG – Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung memberikan potongan khusus pemasangan sambungan baru atau pemasangan sambungan rumah, pemutusan/bongkar sebesar Rp200.000, dengan syarat dan ketentuan berlaku dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini.
Dalam siaran persnya, Manager Humas dan Kesekretariatan, Sri Hartati, mengatakan pelaksanaan pemberian potongan khusus diperuntukkan bagi calon pelanggan yang melakukan pembayaran biaya pasang sambungan baru air minum terhitung mulai 3 Agustus sampai dengan 30 Oktober 2020.
Sehubungan Perumda Air Minum Tirta Raharja sedang melakukan pemeliharaan rutin pada ruang lumpur bangunan penangkapan air baku (intake) Sungai Cisangkuy Cikalong, hal ini relatif berdampak terhadap pengaliran/pendistribusian air kepada pelanggan.
“Perlu kami sampaikan bahwa saat dilakukannya pemeliharaan rutin tersebut, untuk sementara Perumda Air Minum Tirta Raharja perlu melakukan penghentikan operasi pada sistem produksi,” ujar Sri Hartati, Jumat (4/9/2020).
Sementara itu, pada saat kondisi kualitas air yang diterima oleh pelanggan ada kala terlihat relatif keruh, lanjut Sri, untuk diketahui bahwa hal ini bisa terjadi pada saat baru diselesaikannya perbaikan kebocoran pada jaringan perpipaan, dan terjadinya fluktuasi kualitas dan kapasitas air.
Selanjutnya, untuk proses normalisasi kondisi tersebut, petugas teknis perlu melakukan penanganan khusus pada sistem produksi, agar konsentrasi bahan kimia yang dibutuhkan akan optimal untuk mengolah air minum.
“Upaya Perumda Air Minum Tirta Raharja dalam menangani tingkat kekeruhan sebagai akibat terjadinya fluktuasi kualitas air baku secara tiba-tiba pada instalasi pengolahan air (IPA) adalah dengan melakukan drain/membuang lumpur melalui pembukaan katup di seluruh bangunan operasi, serta melaksanakan Backwash/mencuci filter secara berkala,” jelasnya.
Demikian pula dalam menangani terjadinya kualitas air yang relatif keruh pada jaringan pipa distribusi, yaitu dengan melakukan Washout/pencucian pada jaringan pipa distribusi dengan membuka katup-katup pada jaringan distribusi utama, serta melakukan pemeriksaan kualitas air pada sambungan rumah pelangggan yang berada di lokasi paling ujung pipa secara berkelanjutan.
Untuk memudahkan pelanggan dalam untuk menyampaikan keluhan dan atau pelanggan yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pelayanan air minum Perumda Air Minum Tirta Raharja, Sri mengatakan, pelanggan dapat menghubungi atau mengirim pesan ke petugas pelayanan langganan.
“Silakan kirim pesan dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan. Selanjutnya, kirimkan pesan dimaksud ke nomor Pengaduan Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja via WhatsApp, wilayah pelayanan selatan 08112228563, wilayah pelayanan timur 0811222856, dan wilayah pelayanan utara 08112228561,” pungkasnya.***