Hadapi Musim Hujan, PT KAI Waspadai Titik Longsor dan Ambles

Jumat, 27 November 2020

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Memasuki musim hujan, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 2 Bandung mewaspadai titik rawan amblesan, longsoran dan banjir. Di Daop 2 terdapat 44 titik daerah rawan yang semuanya dijaga 24 jam.


DARA | BANDUNG – Daerah yang rawan bencana banjir, diantaranya Cicalengka dan Rancaekek. Sedangkan yang rawan longsor dan amblas ada di wilayah pegunungan, ke arah timur seperti daerah Nagrek, Cipeundeuy hingga Tasikmalaya.

Rawan longsor ke arah barat seperti di lintas antara Purwakarta-Ciganea.

“Guna menghadapi segala kemungkinan yang terjadi pada musim hujan ini, PT KAI Daop 2 telah siaga 24 jam di beberapa lokasi untuk antisipasi terhadap gangguan perjalanan kereta api,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 2 Noxy Citrea, saat dihubungi, Jumat (27/11/2020).

Di titik rawan dijaga oleh petugas daerah rawan (PDR) dan flying gank (regu siaga), yang jumlahnya sekitar 250 orang. Tugas mereka memantau secara intensif dan menangani daerah tersebut selama 24 jam, guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi operasional kereta api.

Flying gank disigakan untuk bertindak cepat menangani gangguan di lintasan.

“Kami juga telah menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) guna mempercepat penanganan jika terjadi bencana alam yang mengganggu perjalanan. Amus ditempatkan di empat lokasi yang mudah terjangkau seperti di Stasiun Purwakarta, Padalarang, Tasikmalaya dan Banjar. Amus berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir dan sebagainya yang berguna apabila ada rintang jalan yang mengganggu operasional kereta api,” ujarnya.

Selain itu, setiap hari ada pengecekan dari Petugas Pemeriksa Jalan yang berjalan kaki atau berkendara di atas rel dari stasiun satu ke stasiun.

Tugasnya memeriksa secara detail kondisi jalur kereta yang dilaluinya, seperti kelayakan rel, kondisi ketebalan batu balas dan mengencangkan baut.

Hal lain yang rutin dilakukan petugas jalan jembatan meliputi perawatan prasarana mulai dari jalan rel, jembatan, persinyalan, dan termasuk di dalamnya perbaikan saluran air yang berada di sekitar jalur kereta.

“Kami berharap dengan adanya upaya ini akan mampu menciptakan kondisi perjalanan kereta yang aman dan nyaman untuk seluruh pelanggan kereta api. Jangan ragu atau khawatir untuk menggunakan kereta api, karena KAI konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di stasiun maupun di atas kereta api,” pungkasnya.***

Editor: denkur

 

Berita Terkait

Brain Leadership: Kunci Membentuk Tim Berkinerja Tinggi
Tantangan dan Strategi Komunikasi Korporat di Era Digital
Setia pada Lilin, Bukan Printing: Dimas Batik Jadi Penjaga Terakhir Batik Tulis Tasikmalaya
Gandeng Merry Riana, Manzone Perdana Keluarkan Koleksi Unisex
Dua Universitas Kelas Dunia Hadir di Bandung, DLI Siap Tawarkan Pendidikan Global di Tanah Air
Dipakai Buat Kerja dan Bikin Konten, Tapi AI Juga Bikin Orang Malas?
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Rabu 07 Mei 2025
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Rabu 07 Mei 2025
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 7 Mei 2025 - 14:07 WIB

Brain Leadership: Kunci Membentuk Tim Berkinerja Tinggi

Rabu, 7 Mei 2025 - 14:03 WIB

Tantangan dan Strategi Komunikasi Korporat di Era Digital

Rabu, 7 Mei 2025 - 13:53 WIB

Setia pada Lilin, Bukan Printing: Dimas Batik Jadi Penjaga Terakhir Batik Tulis Tasikmalaya

Rabu, 7 Mei 2025 - 13:46 WIB

Gandeng Merry Riana, Manzone Perdana Keluarkan Koleksi Unisex

Rabu, 7 Mei 2025 - 13:29 WIB

Dipakai Buat Kerja dan Bikin Konten, Tapi AI Juga Bikin Orang Malas?

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

HEADLINE

Brain Leadership: Kunci Membentuk Tim Berkinerja Tinggi

Rabu, 7 Mei 2025 - 14:07 WIB

Foto: Istimewa

HEADLINE

Tantangan dan Strategi Komunikasi Korporat di Era Digital

Rabu, 7 Mei 2025 - 14:03 WIB