Memenangkan hati konsumen berarti memenangkan kompetisi. Untuk menjadi brand pilihan konsumen banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya brand equity yang dimiliki sebuah brand dibanding kompetitor.
DARA – Era digital telah mendisrupsi bagaimana membangun brand equity. Brand awareness sebagai salah satu elemen penting dari sebuah brand dapat dilakukan dengan proses yang lebih cepat melalui platform digital.
Dengan kondisi tersebut sebuah brand yang sudah cukup dikenal selama puluhan tahun di ranah offline, barangkali menjadi brand yang tidak dikenal di ranah online, atau setidaknya kalah bersaing dengan brand-brand baru namun lebih dulu eksis di ranah digital.
Karena itu penting bagi sebuah brand untuk hadir secara online dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, mulai dari website, marketplace. Bahkan, media sosial untuk mempertahankan brand yang sudah dikenal oleh masyarakat.
Hadirnya platform e-commerce atau marketplace pun menjadi channel yang tidak boleh dilewatkan. Berbagai fitur yang disajikan, seperti pencarian, pemberian rating dan review, memberikan nilai yang sangat penting bagi sebuah brand.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, branding di era digital sudah tidak terelakkan lagi, terlebih di masa pandemi Covid-19, karena semua orang cenderung mengakses internet dan berbelanja melalui marketplace. Kondisi itulah yang kini mendasari konsumen untuk menilai sebuah brand untuk menjadi pilihan konsumen.
Tri Raharjo yang juga dikenal sebagai pakar dan peneliti Brand ini menjelaskan, aktifitas branding sangat penting untuk meningkatkan nilai dari sebuah merek. Sementara branding di era digital kini telah mengalami disrupsi, karena pengguna internet di Indonesia sudah menyentuh 70% lebih dari penduduk Indonesia.
“Di internet, dalam 60 detik saat ini terjadi 4,1 juta pencarian, 4,7 juta orang melihat video, 1,4 juta melihat facebook, 695 ribu melihat instagram, US$1,6 juta transaksi belanja online, dan masih banyak aktivitas di internet lainnya. Ini sangat menarik,” ungkap Tri mengutip Data What Happens In An Internet 60 Seconds 2021.
Lebih lanjut Tri menjelaskan, di era digital perilaku konsumen ketika mencari produk atau brand adalah pertama; melakukan penelusuran di mesin pencari atau melakukan marketplace.
Penelusuran yang dilakukan alih-alih untuk membeli barang, ketika ingin bertransaksi secara offline, konsumen juga melakukan penelusuran internet untuk mencari referensi produk yang dicari, sehingga ketika datang ke toko, konsumen telah mendapatkan informasi, dan langsung menuju produk atau brand yang dipilih.
Untuk melihat brand-brand pilihan konsumen, INFOBRAND.ID sebagai Indonesia Brand Media bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian akan perkembangan brand & bisnis di Indonesia, khususnya riset berbasis digital, menginisiasi survei Brand Choice Index, merupakan riset keterpilihan sebuah brand atas produk yang ditawarkan kepada konsumen, berdasarkan survey digital melalui platform market place atau e-commerce.
Survei Brand Choice Index berdasarkan 3 (tiga) Aspek Penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.
Survei dilakukan pada bulan Februari-April 2021, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000-an brand tersurvei. Selanjutnya, Brand-brand yang lolos sebagai top 3 di kategori produk berdasarkan kriteria tersebut, ditetapkan sebagai brand pilihan konsumen dan berhak meraih penghargaan BRAND CHOICE AWARD 2021.
Dari hasil survei Brand Choice Index Fase kedua menunjukkan 10 kategori produk paling banyak dicari di internet, yakni;
Multivitamin Imunitas Tubuh dengan (335 ribu ribu) pencarian,
Roti (151,3 ribu),
Snack Kentang (132,7 ribu),
Biskuit Sandwich (109,5 ribu),
Mie Instan (108,9 ribu),
Susu Formula 0-12 Bulan (106,5 ribu),
Hair Treatment (105,4 ribu),
Susu Formula 1-3 Tahun (104,4 ribu),
Cereal (104,2 ribu),
Local Brand Shoes (100,8 ribu).
Sementara itu inilah 10 kategori dengan transaksi terbanyak di dua marketplace teratas berdasarkan data Brand Choice Index Fase 2:
Celana Dalam Wanita sebanyak (849,7 ribu) transaksi,
Biskuit (752,9 ribu),
Mascara (733,3 ribu),
Sprei dan Bed Cover (677,5 ribu),
Popok Bayi (587,7 ribu),
Bra (586,4 ribu),
Parfum (493,7 ribu),
Mie Instan (478,2 ribu),
Makanan Bayi (470,5 ribu),
Cable Charger (442,8 ribu).
Adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara Brand Choice Award 2021 antara lain:
Prenagen untuk kategori (Susu Ibu Hamil dan Menyusui),
Joy Day (Ice Cream),
Lady Rose (Sprei dan Bed Cover),
Milna (Biskuit Bayi dan Makanan Bayi),
Natur (Hair Treatment, Hair Mask dan Hair Serum),
Daihatsu (Oli Mobil),
YUTA (Kran Double),
Sakatonik ABC (Multivitamin Anak),
EAGLE (Sepatu Badminton),
OXONE (Knife Set),
Mama Bear (Pelancar ASI),
MOTUL (Oli Motor),
TEKIRO (Gembok).
Selain itu masih ada lagi ratusan brand lainnya yang namanya menjadi pilihan konsumen berdasarkan Survei Brand Choice Index.
Demikian keterangan resmi dari Tras Mediacom yang diterima redaksi, Jumat (28/5/2021).***
Editor: denkur