Ada ODGJ di Jalan Saja, Masuk ke Aplikasi Lapor Kang Hengky

Kamis, 20 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Layanan aspirasi dan pengaduan online melalui aplikasi Lapor Kang Hengky, mulai mendapat perhatian masyarakat.


DARA – Sejak diluncurkan Agustus 2021 hingga kini, aplikasi milik Pemkab Bandung Barat tersebut mendapat 115 laporan masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Siti Anshoriah menyebutkan, isi aduan atau laporan tersebut beragam.

Mulai laporan tentang infrastruktur jalan, layanan tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk), layanan kesehatan, bahkan pemberitahuan ada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Pokoknya tentang segala macam, ada soal ketidakpuasan. Bahkan, ada yang hanya memberi tahu bahwa ada ODGJ, di salah satu jalan,” ujar Siti, Kamis (20/1/2022).

Aduan atau laporan yang paling banyak masuk melalui aplikasi tersebut ditujukan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhubungan dengan layanan langsung dengan masyarakat. Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), diantaranya OPD yang cukup banyak mendapat laporan dari masyarakat.

Selebihnya, laporan atau pengaduan berupa persoalan umum lainnya. “Paling banyak itu ke Dinsos dari semua OPD. Terutama paling banyak itu yang pelayanan. Termasuk Disdukcapil juga,” jelasnya.

Untuk aduan atau laporan dari masyarakat, oleh admin disampaikan ke OPD bersangkutan. Apabila dalam tempo tiga hari tidak direspon OPD, maka pihaknya menghubungi langsung admin OPD tersebut.

Sejauh ini, kata Siti, OPD merespon aduan atau laporan yang disampaikan tersebut cukup baik. “Kita juga lapor ke Pak Bupati, mana dinas yang respon dan mana yang tidak,” ujarnya.

Siti juga menjelaskan, teknis layanan pengaduan dan laporan secara virtual tersebut terhubung langsung dengan aplikasi Kinerja Pegawai.

Jika OPD bersangkutan tidak merespon dengan batas waktu hingga akhir bulan, maka akan ada pemotongan Tunjangan Kinerja (Tukin). Karena aplikasi Lapor Kang Hengky ini, terhubung dengan Aplikasi Kinerja Pegawai.

Editor: denkur

Berita Terkait

PT Jasa Sarana dan Baznas Jabar Gelar Program Makan Bergizi Gratis serta Edukasi Kebencanaan di MTs Al-Faqihiyah, Kabupaten Bandung
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Sabtu 22 Februari 2025
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Sabtu 22 Februari 2025
Begini Ajakan Bupati Bandung Dadang Supriatna buat Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan
Dedi Mulyadi Fokus pada Infrastruktur dan Realokasi Anggaran Pembangunan Jabar
Hari Bahasa Ibu Internasional, Ketua IGI Kabupaten Bandung Ajak Semua Pihak Menguatkan Keanekaragaman Bahasa Menyongsong Indonesia Emas 2045
Mengawali Tugasnya, Jeje Ritchie Ismail dan Asep Ismail Hadiri Sartijab Gubernur Jawa Barat
Pesan Presiden Prabowo buat Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat: Layani Segera Masyarakat
Berita ini 11 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 22 Februari 2025 - 10:00 WIB

PT Jasa Sarana dan Baznas Jabar Gelar Program Makan Bergizi Gratis serta Edukasi Kebencanaan di MTs Al-Faqihiyah, Kabupaten Bandung

Sabtu, 22 Februari 2025 - 06:55 WIB

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Sabtu 22 Februari 2025

Jumat, 21 Februari 2025 - 21:27 WIB

Begini Ajakan Bupati Bandung Dadang Supriatna buat Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan

Jumat, 21 Februari 2025 - 21:17 WIB

Dedi Mulyadi Fokus pada Infrastruktur dan Realokasi Anggaran Pembangunan Jabar

Jumat, 21 Februari 2025 - 17:29 WIB

Hari Bahasa Ibu Internasional, Ketua IGI Kabupaten Bandung Ajak Semua Pihak Menguatkan Keanekaragaman Bahasa Menyongsong Indonesia Emas 2045

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

JABAR

Panglima TNI Kunjungi Makodim 0607/Kota Sukabumi

Sabtu, 22 Feb 2025 - 10:31 WIB