Kontes ‘Aku Jadi Bintang K-Drama’ yang diselenggarakan oleh Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) telah berakhir dengan sukses.
DARA – Kontes yang pendaftarannya dibuka April lalu ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat Indonesia, terutama dari pecinta drama Korea (drakor).
Hal ini membuktikan bahwa perhatian masyarakat terhadap Hallyu terutama drakor masih sangat tinggi.
Pada kontes ini, peserta mengirimkan karya reka ulang adegan terkenal dari drakor yang mereka sukai. Karya-karya yang dikirimkan, kebanyakan terinspirasi dari berbagai judul drakor terkenal seperti ‘Reply 1988’, ‘Sky Castle’, ‘Penthouse’, ‘True Beauty’, ‘Start-up’ dan lain-lain.
Drama-drama tersebut merupakan drama dengan popularitas yang luar biasa di dalam dan di luar negara Korea itu sendiri.
Total 7 pemenang dipilih melalui proses penjurian yang cermat. Nama pemenang diumumkan tanggal 31 Mei 2021 yang lalu melalui akun Instagram KCCI.
Melalui pengumuman tersebut, banyak masyarakat yang mengucapkan selamat kepada para pemenang melalui fitur komentar. Video penuh dari karya pemenang akan ditampilkan secara bertahap di kanal Youtube KCCI
(https://www.youtube.com/user/KCCIndonesia).
Karya juara pertama merupakan karya reka ulang yang terinspirasi dari drama ‘True Beauty’. Drama tersebut sebelumnya pernah dinobatkan sebagai drama paling diminati oleh generasi muda Indonesia kuartal pertama 2021 pada acara Indonesian Hallyu Fans Choice Awards.
Acara tersebut merupakan acara yang diadakan atas kerjasama KCCI dan portal Hallyu, CoppaMags.
Mei lalu, media online Liputan 6 merilis sebuah artikel bertajuk ‘Special Content: Fenomena Korean Wave, Demam yang Belum Akan Reda’, dimana pada artikel tersebut seorang Pengamat Broadcasting, Maman Suherman menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat drakor begitu digemari.
Pada artikel tersebut Maman menyampaikan, “Drakor pasti akan mengikat penontonnya, pasti akan memicu adrenalin dan penonton akan menantikan kelanjutannya.”
Maman pun menambahkan, “Ada ikatan emosi dengan karakter, dan Korea pintar mengemas hal-hal tersebut.”
Minat terhadap drakor nampaknya masih akan terus meningkat. Sehubungan dengan hal tersebut, KCCI tentunya akan terus berupaya membuat program yang bermanfaat, serta lomba-lomba menarik lainnya yang berkaitan dengan kegemaran masyarakat Indonesia terhadap Hallyu.
Demikian seperti dalam keterangan resmi KCCI yang diterima redaksi, Senin (7/6/2021)***
Editor: denkur