DARA | BANDUNG – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB), di Kecamatan Ngamprah, KBB, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Kedatangan Bupati disambut antusias warga yang sedang menunggu untuk mendapatkan pelayanan dari petugas Disdukcapil.
Kedatangan Aa Umbara ke Kantor Disdukcapil tersebut, untuk meninjau langsung proses pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), seperti pencetakan e-KTP.
“Kebetulan saya tadi habis olahraga di sekitar kantor Pemda dan langsung datang ke sini (Disdukcapil). Banyak warga yang datang termasuk pelajar juga yang ingin mencetak e-KTP,” ujar Umbara saat diwawancarai di sela sidak, Selasa (4/2/2020).
Menurut orang nomor satu di KBB itu, dengan adanya bantuan 74.000 keping blangko e-KTP dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), petugas Disdukcapil KBB harus memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang sudah datang.
“Termasuk yang PRR (Print Ready Record) dan suket harus disegerakan, karena masyarakat menunggu. Jangan sampai mengecewakan masyarakat khususnya yang datang jauh-jauh ke sini dan meluangkan waktu serta pekerjaannya,” katanya.
Umbara juga meminta kepada seluruh masyarakat yang hendak mencetak e-KTP, untuk tidak datang ke kantor Disdukcapil. Sebab, tahun ini Pemkab Bandung Barat mulai menjalankan program baru, yakni mengantarkan e-KTP ke rumah warga oleh petugas yang dijalankan di 16 kecamatan.
“Tahun ini kami meluncurkan program antarkan e-KTP ke rumah warga. Jadi tidak usah datang ke Disdukcapil, ini akan lebih efisien dari mulai waktu dan biaya perjalanan,” katanya.
Bupati juga menekankan kepada masyarakat untuk tidak mengeluarkan biaya dengan memberikan uang kepada petugas. Umbara menegaskan, seluruh petugas sudah dibiayai oleh APBD untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam pelayanan adminduk.
“Pemerintah daerah berusaha memaksimalkan pelayanan, dan saya minta masyarakat jangan memberikan uang kepada petugas karena biaya sudah ditanggung oleh Pemkab,” jelasnya.***
Editor: Muhammad Zein