“Aplikasi ini langkah terdepan bagi Perumda Air Minum Tirta Raharja dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan inovatif kepada masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi,” kata Teddy Setiabudi.
DARA| Perumda Air Minum Tirta Raharja resmi melaunching aplikasi terbarunya, Tira Mobile atau TiraQu di Hotel Grand Sunshine, Soreang, Rabu (12/7/2023). Meluncuran pelayanan digital ini dilakukan Bupati Bandung Dr.HM Dadang Suprtiatna, serta dihadiri sekitar 300 pelanggan.
Dirut Perumda Air Minum Tirta Raharja, Drs. H. A. Teddy Setiabudi. M.T., menjelaskan aplikasi ini langkah terdepan bagi Perumda Air Minum Tirta Raharja dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan inovatif kepada masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
“Aplikasi ini nantinya bisa dilakukan pembayaran secara online dan realtime, kemudian untuk informasi pelanggan apapun yang berkaitan data pelanggan dan identitas pelanggan, serta upaya yang di inginkan untuk melakukan perbaikan data tersedia difasilitasi oleh aplikasi ini,” ujar Teddy.
Selanjutnya kepada para pelanggan yang akan melakukan pemasangan baru, bisa melalui aplikasi tersebut. “Jadi tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor, cukup melalui aplikasi ini, insya Allah kita akan cepat merespon karena mempunyai SLA 24 Jam, dan semoga bisa menyelsaikan permasalah tersebut,” katanya.
Lebih lanjut, dirinya menargetkan saluran pengembangan dan pemasangan sambungan langganan untuk masyarakat yang berada di kecamatan Margahayu, Margaasih dan Baleendah.
“Kita sudah berencana dan saat ini sudah mulai sekitar sepuluh ribu pelanggan yang bisa terlayani di wilayah tersebut, dan kurang lebih ada sekitar dua ribu lima ratus pelanggan baru,” ujarnya.
Dirinya berpesan kepada warga masyarakat di wilayah Margahayu, Margaasih dan Baleendah, khususnya yang belum menjadi pelanggan agar segera melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut, guna memaksimalkan pendistribusian air.
Aplikasi mobile TiraQu adalah aplikasi yang telah dikembangkan oleh Perumda Air Minum Tirta Raharja sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan
Berikut secara lengkap fitur unggulan yang berisi :
Info Tagihan
Pelanggan dapat melihat informasi terkait tagihan dan riwayat pembayaran yang telah dilakukan.
Info Pelanggan
Fitur ini akan menampilkan informasi terkait data pelanggan yang terdiri dari: Data pemilik; Lokasi sambungan langganan; Kontak pelanggan.
Data pendukung
Selain itu, pelanggan dapat melakukan pembaharuan data apabila data yang ditampilkan tidak sesuai;
Info Meter Air
Dalam fitur ini menampilkan:
Informasi data meter air pelanggan;
Informasi terkait data ganti meter pelanggan; dan
Informasi terkait data terameter pelanggan.
Info Pemakaian Air
Fitur ini akan menampilkan riwayat pemakaian air pelanggan setiap bulan dengan detail informasi:
Data pemakaian air berdasarkan hasil pembacaan meter air;
Foto pembacaan meter air; dan
Lokasi pembacaan meter air.
Pengaduan
Pelanggan dapat melakukan pengaduan langsung dengan melakukan pengisian pada form pengaduan.
Progress dari pengaduan tersebut dapat dipantau langsung melalui aplikasi.
Baca Meter Mandiri
Pelanggan dapat melakukan pembacaan meter mandiri melalui aplikasi, dengan melakukan pengisian
pada form yang disertai dengan foto meter air.
Peluncuran aplikasi TiraQu menjadi bukti komitmen Perumda Air Minum Tirta Raharja untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan aplikasi ini, Perumda Air Minum Tirta Raharja berharap dapat memperkuat hubungan yang baik dengan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional.
Untuk mengunduh aplikasi TiraQu, pelanggan dapat mengunjungi toko aplikasi resmi Google Play Store untuk pengguna OS Android. Untuk kedepannya, aplikasi TiraQu juga akan hadir di App Store untuk pelanggan yang menggunakan iOS. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat yang telah
menjadi pelanggan atau calon pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja.
Editor : Maji