PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meraih Penghargaan Utama kategori Sustainability atas Inovasi Literasi Keuangan Online yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19.
DARA – Penganugerahan penghargaan dilakukan pada acara IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 di Jakarta, Kamis (19/8/2021).
CIMB Niaga dinilai dapat beradaptasi secara cepat dengan memanfaatkan teknologi digital untuk menunjang beragam aktivitas usaha, termasuk dalam melayani nasabah dan komunitas seperti menyelenggarakan program literasi keuangan Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) serta Tour de Bank (TDB) melalui platform website secara online.
Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, CIMB Niaga bersyukur dan bangga atas penghargaan yang diberikan oleh lembaga independen IDX Channel.
“Sejak awal pandemi, kami secara agile menyesuaikan program-program yang sebelumnya dilakukan melalui tatap muka ke platform online. Adaptasi tersebut ternyata berdampak positif. Kami bisa memperluas jangkauan program ke kota-kota kecil tingkat kabupaten, sekaligus menambah jumlah peserta literasi keuangan menjadi lebih banyak,” kata Fransiska di Jakarta, Jumat (20/8/2021).
Program tersebut juga dirancang secara user friendly, sehingga lebih mudah digunakan generasi milenial dari smartphone, komputer, atau laptop kapan saja dan di mana saja. Hal ini sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan.
Pada 2020, Program AMDB yang diperuntukkan bagi siswa setingkat SMP dan SMA serta Program TDB bagi siswa tingkat SD diikuti sebanyak 10.411 siswa dari 121 sekolah di 54 kota di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat 67,51% dari periode yang sama pada 2019 yang mencapai 6.215 siswa.
Seperti diketahui, Program AMDB dan TDB merupakan komitmen CIMB Niaga dalam meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan masyarakat Indonesia. Bagi CIMB Niaga, tantangan merupakan peluang untuk berinovasi dan berkarya menjadi lebih baik. Diraihnya penghargaan ini membuktikan bahwa CIMB Niaga berhasil memanfaatkan tantangan akibat pandemi sebagai peluang untuk meningkatkan program literasi keuangan di Indonesia.
Tentang CIMB Niaga
CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 428 jaringan kantor per 30 Juni 2021, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 358, 37 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 33 unit. CIMB Niaga memiliki 12.389 karyawan (konsolidasi) per 30 Juni 2021.
CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah
satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya
mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset
dan asuransi.
CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina).
Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka.***
Editor: denkur