Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) dan PT Octo Ekosistem Digital menjalin kolaborasi dalam pengelolaan Edu Smart System untuk melayani ekosistem pendidikan di Indonesia.
DARA | Kerjasama tersebut diharapkan dapat menjawab kebutuhan sekolah, pondok pesantren, dan perguruan tinggi dalam mendigitalisasi proses dan kegiatan operasional, termasuk pembayaran iuran sekolah bagi orang tua siswa/mahasiswa dan cashless (jajan non tunai) siswa/santri.
Edu Smart System menawarkan kemudahan sistem pembayaran beragam tagihan bagi sekolah/perguruan tinggi melalui Single Virtual Account CIMB Niaga Syariah yang diberikan kepada masing-masing siswa/mahasiswa dan dapat melayani pembayaran dari bank manapun. Dengan kemudahan tersebut pengaturan kegiatan operasional menjadi lebih tertata dan efisien.
Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara menyatakan, sebagai UUS Bank BUKU 4 dengan layanan perbankan digital terlengkap di Indonesia, CIMB Niaga Syariah siap mendukung sekolah/perguruan tinggi untuk melakukan transformasi digital melalui Edu Smart System.
Layanan tersebut menawarkan keunggulan kompetitif berupa kemudahan dan proses pembayaran yang seamless serta efisiensi dalam pengaturan kegiatan operasional sekolah/perguruan tinggi.
“Edu Smart System kami hadirkan bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 yaitu bulan Oktober untuk memperluas penetrasi keuangan Syariah di ekosistem pendidikan. Dengan semangat Anda #YangUtama dalam memberikan produk dan layanan terbaik untuk nasabah, kami berharap inisiatif ini dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Syariah civitas akademika sekolah/perguruan tinggi sekaligus meningkatkan akuisisi dan volume transaksi dari produk-produk CIMB Niaga Syariah,” kata Pandji di Jakarta, Minggu (16/10/2022).
Sediakan Fitur Edukasi Lengkap
Pandji menjelaskan, Edu Smart System dilengkapi dengan beragam fitur untuk melayani beragam kebutuhan sekolah berbasis digital. Diantaranya, pertama, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online yang dilengkapi dengan microsite, data digital, waktu pendaftaran fleksibel, format sesuai dengan Dapodik/EMIS, dan notifikasi.
Kedua, Sistem Manajemen Informasi terkait akademik dan kesiswaan mencakup e-learning, tugas, nilai, rapor, presensi, catatan, kedisiplinan, prestasi dan database siswa.
Selanjutnya, ketiga, Manajemen Keuangan yang terintegrasi dengan Single Virtual Account Host-to-Host, transfer dari bank manapun, Auto Split & Auto Priority, Monitoring & Notifikasi, Bill & Payment, Master Diskon, serta channel pembayaran di Tokopedia.
Keempat, Fitur Mini Bank mencangkup setoran tunai, transfer antar rekening Virtual Account, tarik tunai, dan
merchant secara closeloop.
Fitur kelima yaitu Cashless untuk pembayaran jajan siswa/mahasiswa dikantin secara closeloop, adapun fitur lainnya limitasi harian/per transaksi, blokir kartu, PIN, server-based card, canteen apps.
Adapun fitur keenam yaitu Islamic Features yang berguna untuk ekosistem pendidikan Islam di antaranya Tahfidz, Asrama (boarding), Al-Qur’an 30 Juz, dan Jadwal Shalat.
Tak hanya itu, tersedia pula beragam fitur tambahan seperti Notifikasi WhatsApp/email, hingga Integrasi Biometric Recognition.
“Dengan fitur-fitur yang lengkap tersebut, kami berharap semakin banyak sekolah/perguruan tinggi yang dapat memanfaatkan keunggulan layanan digital Edu Smart System. Dengan demikian kami juga dapat memaksimalkan potensi bisnis industri halal di segmen ekosistem pendidikan. Semoga kerja sama ini memberikan manfaat dan keberkahan untuk masyarakat, khususnya ekosistem pendidikan Islam di Indonesia,” ujar Pandji dalam rilis, Minggu (16/10/2022).
Tentang CIMB Niaga
CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group.
CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking
terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile.
Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpimimpinya.
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan.
Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 Juni 2022, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.666 karyawan (konsolidasi), 420 kantor cabang, 4.432 ATM, serta 281.596 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN.
Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi.
CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina).
Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad.
Per 30 Juni 2022, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,8 miliar.
Editor: denkur