Data survei pelanggan triwulanan OYO menunjukkan peningkatan peringkat penilaian pelanggan setelah peluncuran program khusus untuk meningkatkan pengalaman tamu dan Company Service.
DARA | Survei ini mengumpulkan data dari 60 ribu+ pelanggan yang menginap di properti OYO di seluruh Indonesia selama periode tersebut.
OYO berhasil mencatat 4.4+ (dari 5) dalam rata-rata penilaian pelanggan terhadap properti OYO dalam lima bulan pertama di tahun 2024 dan 68%+ pelanggan telah memberikan penilaian bintang 5 (dari 5).
Properti Company Service turut memberikan kontribusi dan mencatatkan rating pelanggan 15 persen lebih tinggi dibandingkan dengan hotel lainnya dalam tiga bulan pertama sejak peluncurannya.
Lebih dari 30 properti telah beroperasi dan diperkirakan akan terus bertambah.
OYO sebagai platform penyedia akomodasi terkemuka di dunia, mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam penilaian pelanggan dalam lima bulan pertama tahun 2024.
Rata-rata penilaian pelanggan dalam periode ini adalah 4.4+ (dari 5) untuk propertinya di Indonesia, hal ini ditambah dengan lebih dari 68 persen pelanggan memberikan peringkat bintang 5.
Survei ini dilakukan terhadap lebih dari 60 ribu pelanggan yang menginap di properti OYO di seluruh
Indonesia selama periode tersebut.
Peningkatan peringkat pelanggan ini didorong oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk peningkatan kualitas layanan, kebersihan, dan kenyamanan di setiap properti.
OYO juga mencatat peningkatan peringkat hotel-hotel mereka di platform pemesanan perjalanan lainnya seperti Agoda, Booking.com dan Traveloka.
Data internal OYO menyebutkan, pada periode ini kenaikan peringkat penilaian pelanggan OYO ini didasari oleh dua inisiatif program inisiatif OYO yaitu program khusus yang berfokus pada peningkatan pengalaman tamu, dan program Company Service yang baru saja diluncurkan pada Februari lalu.
Pada inisiatif yang berfokus pada peningkatan pengalaman tamu yang diluncurkan Desember 2023 lalu, OYO berupaya untuk mempertahankan standar kualitas layanan seperti pelatihan pada staf, perbaikan dan kelengkapan fasilitas, juga pelatihan ekstensif pada staf termasuk keterampilan pemecahan masalah untuk memberikan solusi
yang efektif terhadap permintaan dan masalah yang mungkin di hadapi oleh tamu.
Melalui keseluruhan layanan yang depersonalisasi ini terbukti memberikan peningkatan peringkat penilaian pelanggan.
Dilanjutkan oleh program Company Service, juga mendasari kenaikan peringkat penilaian yang diberikan pelanggan OYO. Setelah mendapatkan respons positif sehingga menargetkan proyeksi pada program ini, OYO mengumumkan
peningkatan signifikan pada rating pelanggan sebesar 15% di hotel-hotel yang dikelola sendiri dalam tiga bulan pertama sejak peluncurannya.
Hanya dalam waktu 3 bulan, 30 properti sudah bergabung dan diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir tahun 2024.
Setiap properti Company Service dikurasi dengan cermat berdasarkan standar kualitas yang ekstensif, ditempatkan di lokasi yang strategis dan memiliki operator yang ditunjuk secara profesional untuk menjalankan operasional yang memastikan layanan yang terbaik kepada pelanggan.
Peningkatan ini mencerminkan komitmen OYO untuk menyediakan pengalaman menginap yang unggul bagi para tamu di seluruh Indonesia.
OYO telah berhasil meluncurkan dan mengelola sejumlah properti di berbagai kota di Indonesia, memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan akomodasi terkemuka.
Peningkatan rating pelanggan ini didorong oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk peningkatan kualitas layanan, kebersihan, dan kenyamanan di setiap properti.
Salah satu tamu di Townhouse OAK Signature Bali memberikan ulasan yang sangat positif tentang pengalamannya.
“Pengalaman check-in benar-benar luar biasa! Fasilitas yang disediakan sangat bagus dan stafnya sangat sopan dan membantu. Benar-benar pengalaman bintang 5,” ujarnya.
Tamu lainnya, Sulaiman mengatakan bahwa ia terkesan dengan waktu check-in dan check-out yang fleksibel dan proses pemesanan yang cepat di aplikasi OYO.
Hendro Tan, Country Stock and OYO Indonesia mengatakan: “pencapaian kami dalam waktu yang cukup singkat ini, membuktikan dedikasi kami untuk terus mengupayakan peningkatan kualitas dan layanan bagi industri pariwisata. Hal ini merupakan perjalanan berkesinambungan dan kami berdedikasi untuk memanfaatkan teknologi, analisis data, dan feedback dari pelanggan kami untuk meningkatkan pelayanan secara keseluruhan, dan efisiensi operasional kami.”
“Tak hanya itu, kami terus akan memperluas portofolio dan membangun ekosistem kolaboratif yang berfokus pada kepuasan pelanggan,” imbuhnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, selasa (11/6/2024).
Konsistensi OYO dalam memperkuat identitas sebagai pemimpin pasar, juga terus mendukung penerapan CHSE (Clean, Health, Safety, Environment dan Sustainability) dan inisiatif sanitized stay dan penerapan contactless check-in untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan di seluruh properti OYO di Indonesia.
Tak hanya berfokus pada ekspansi, bagi pemilik properti, strategi melalui program ‘Managed by OYO’ juga dihadirkan pada 2024 sebagai skema bisnis baru yang bertujuan membantu pemilik properti untuk bermitra dengan pengusaha lokal dalam mengelola operasional harian mereka.
Program Super OYO, juga dimaksimalkan untuk memberikan apresiasi pada mitra properti yang berhasil memenuhi
parameter kepuasan pelanggan dan pelayanan yang maksimal.
Bagi pelanggan setia, melalui OYO Wizard, program keanggotaan dengan beragam keuntungan yang bertujuan memperkuat relasi dengan pelanggan dengan menyediakan properti dengan rating tinggi yang dikurasi, serta harga terbaik turut menjadi salah satu strategi OYO dalam pengembangan bisnis di tahun ini.***
Editor: denkur