Hanya  342-350 Gram/Kapita, Konsumsi Teh Indonesia masih Rendah

Jumat, 2 Agustus 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: dara.co.id/Adem

Foto: dara.co.id/Adem

DARA | BANDUNG –  Meski termasuk daftar penghasil teh terbesar di dunia, tingkat konsumsi Indonesia masih rendah. Hingga kini tingkat konsumsi teh di negara ini masih 342-350 gram/kapita per tahun. Sedangkan di dunia mencapai 700 gram/kapita per tahun.

Menurut Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Dody Firman Nugraha, produksi teh nasional sebagian besra dihasilkan dari Jawa Barat. Ia mencatat lebih dari 80 persen produksi teh nasional dihasilkan dari daerah ini.

“Sehingga teh dijadikan komoditas unggulan di Jawa Barat,” katanya, pada West Java Bandung Tea Festival ke-16 tahun 2019 di lapangan parkir barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat(2/8/2019).

Perkebunan teh yang tersebar di wilayah pegunungan Jawa Barat, lanjut dia,  menjadi sumber mata pencaharian bagi lebih dari 1.000.000 orang penduduk daerah ini. Selain itu, nuansa alam perkebunan teh sangat potensial untuk dapat dikembangkan sebagai alternatif  tempat wisata.

Ia menuturkan luas kebun teh di Jawa Barat terdiri atas 44.253 hektar perkebunan rakyat, 20.949 hektar perkebunan besar swasta ( PBS ), dan 19.618 hektar perkebunan besar negara (PBN). Sehingga, produksi teh di Jawa Barat cukup besar dengan bermacam varietas.

Sestival ini, menurut dia, merupakan salah satu upaya meningkatkan konsumsi teh di kalangan masyarakat, media promosi, dan sosialisasi serta edukasi.Festival ini diikuti diikuti 14 daerah penghasil teh di Jawa barat, yakni Bogor, Garut, Subang, Purwakarta,dan Sukabumi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat membuka acara ini, menyebutkan, ajang ini dijadikan tempat menyatukan konsep,jika teh bangkit kembali seperti era kejayaan dulu.Dalam Kesempatan itu, ia menyarankan para peserta pameran dan stakeholder  untuk melakukan  berbagai langkah untuk mempopulerkan lagi teh sebagai minuman favorit yang digemari masyarakat seperti kopi.

Konsep yang tawarkan, anatara lain  membuat brand teh yang disukai masyarakat lokal dan dunia, disesuaikan dengan daerahnya. “Selain itu, juga memperluas marketing dan melakukan riset produk olahan melalui inovasi dan kolaborasi.”***

Editor: Ayi Kusmawan

Berita Terkait

Komisi XII DPR RI Pastikan Distribusi LPG 3 Kg Lancar hingga Sub Pangkalan
Ditopang Kinerja Sektor Logistik, PosIND Catat Laba Bersih Rp767,7 Miliar
CV Kahla Global Persada Ekspor Kripik Tempe ke Jeddah, Begini Harapan Bupati Sukabumi
KI DKI Jakarta Apresiasi Langkah Cepat Pemerintah Tangani Sulitnya Masyarakat Peroleh Gas LPG 3 Kilogram
Catatan BPS: Kondisi Ekonomi Jabar Januari 2025 Relatif Stabil
Berkomitmen Terus MengEMASkan Indonesia, Pegadaian Cetak Laba 5,85 Triliun Selama Tahun 2024
Penyerapan LPG 3 kg Melonjak, Pertamina Patra Niaga Pantau Stok di Pangkalan
Pertamina Tepis Isu, Pastikan Tidak Ada Kenaikan Harga LPG 3 Kg
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 11 Februari 2025 - 13:45 WIB

Komisi XII DPR RI Pastikan Distribusi LPG 3 Kg Lancar hingga Sub Pangkalan

Selasa, 11 Februari 2025 - 08:54 WIB

Ditopang Kinerja Sektor Logistik, PosIND Catat Laba Bersih Rp767,7 Miliar

Kamis, 6 Februari 2025 - 18:37 WIB

CV Kahla Global Persada Ekspor Kripik Tempe ke Jeddah, Begini Harapan Bupati Sukabumi

Selasa, 4 Februari 2025 - 17:58 WIB

KI DKI Jakarta Apresiasi Langkah Cepat Pemerintah Tangani Sulitnya Masyarakat Peroleh Gas LPG 3 Kilogram

Selasa, 4 Februari 2025 - 14:59 WIB

Catatan BPS: Kondisi Ekonomi Jabar Januari 2025 Relatif Stabil

Berita Terbaru

mobil sim keliling kabupaten Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Rabu 12 Februari 2025

Rabu, 12 Feb 2025 - 06:26 WIB

mobil sim keliling kota Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Rabu 12 Februari 2025

Rabu, 12 Feb 2025 - 06:23 WIB