HIPPINDO Gelar HARMONY AWARD 2024, 11 Entitas Sabet Peritel Terbaik Indonesia

Selasa, 10 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) gelar Harmony Award 2024.

DARA | Acara itu digelar untuk mengapresiasi dedikasi dan kontribusi para pelaku industri ritel di Indonesia.

Penghargaan yang berlangsung di hari kedua Indonesia Retail Summit (IRS) 2024 ini digelar HIPPINDO untuk menjadi momentum apresiasi atas inovasi, kepemimpinan dan capaian terbaik pelaku dari berbagai sektor ritel tanah air.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani Mustafa, dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung penuh acara yang mampu mendorong peningkatan inovasi dan kolaborasi ini.

Rizki berharap Harmony Award dapat berkelanjutan dan menjadi sumber inspirasi bagi kalangan peritel untuk terus berinovasi dan berkolaborasi.

“Pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan terus berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Mari kita lanjutkan semangat Harmony ini untuk melanjutkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk industri bidang lainnya agar dapat terus maju, makin tangguh, dan berdaya saing tinggi,” tutur Rizki.

Rizki berharap di masa depan lebih banyak brand indonesia yang mampu berkarya dan tampil di luar negeri agar usaha berbagai brand lokal terus berekspansi baik di dalam maupun luar negeri.

“Itu juga sejalan dengan program pemerintah untuk mendukung banyaknya brand lokal bisa go international dalam sektor perdagangan. Tentunya menjadi partner untuk kita menuju Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Data memang menunjukkan industri ritel di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor perdagangan besar dan eceran tumbuh sebesar 5,05% secara year-on-year (YoY) pada kuartal kedua tahun 2024.

Pertumbuhan ini didorong peningkatan daya beli masyarakat dan berbagai inovasi yang dilakukan para pelaku ritel, termasuk adopsi teknologi digital dan strategi omnichannel.

Senada dengannya, Wakil Ketua Umum HIPPINDO sekaligus Ketua Panitia Harmony Award, Fetty Kwartati, menekankan pentingnya semangat harmoni dan kolaborasi, sesuai dengan tema acara penghargaan kali ini.

“Pada acara ini sesuai dengan judulnya Harmony, karena memang kita semua ada di sini. Karena kita merasa adanya harmoni. Harmony yang dimaksud di sini adalah Hari Ritel Modern, yang kita kemas menjadi acara Harmony Award untuk mengapresiasi para anggota dan peritel, termasuk pula untuk para non anggota, atas karya nyata yang sudah dilakukan oleh mereka,” ujar Fetty.

Fetty mengatakan, Harmony Award sudah menjadi acuan dan motivasi bagi para peritel untuk terus berkembang.

“Program demi program, acara demi acara dan juga inisiatif-inisiatif terus dilakukan HIPPINDO sebagai bentuk komitmen untuk terus menggerakan roda ekonomi dan juga menjadi mitra pemerintah serta membantu para anggota untuk bersama-sama, bermitra bersama, dalam memajukan ritel indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pengamat Komunikasi Pemasaran dan CEO Fortuna, Ratna Puspitasari, mengatakan penghargaan seperti Harmony Award ini tidak hanya menjadi bentuk apresiasi tetapi juga motivasi bagi seluruh pelaku industri ritel untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi kemajuan ekonomi.

“Dengan kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, saya optimis industri ritel Indonesia akan semakin maju dan mampu bersaing di pasar global,” ujar Ratna dalam keterangan tertulis, Selasa (10/9/2024).

Gelaran penghargaan yang telah masuk tahun ketiga ini memiliki berbagai kategori nominasi. Para pelaku industri ritel dipilih berdasarkan kontribusi dan inovasi mereka dalam memajukan industri ritel di Indonesia.

Berbagai kategori dan peraih Harmony Award tahun ini meliputi:
1. Food and Beverages Retail of The Year 2024 Kafe: J.CO Donuts & Coffee (PT J.CO Donuts & Coffee, Johnny Andrean Group) diterima oleh Natasia Liu, International Franchise Director.
2. Food and Beverages Retail of The Year 2024 Restaurant: Sate Khas Senayan (CV. Sari Rasa Nusantara) diterima oleh Hady Gautama Gumulia, Business Development Director.
3. Convenience Store Retail of The Year 2024: Indomaret (PT Indomarco Prismatama) diterima oleh Feki Oktavianus, Executive Director.
4. Retail Big Store of The Year 2024: UNIQLO (PT Fast Retailing Indonesia) diterima oleh Irma Yunita, Corporate Affairs Director.
5. Electronic Retail of The Year 2024: Electronic City (PT Electronic City Indonesia Tbk) diterima oleh Lyvia Mariana, President Director.
6. Speciality Store Retail of The Year 2024: May May Salon (PT Mayindo Tritunggal) diterima oleh Lily Tanie, Founder.
7. UMKM Retail of The Year 2024: Batik Warisan (CV Anugrah Warisan Indonesia) diterima oleh Eli Djohan, Direktur.
8. Rookie Retail of The Year 2024: Janji Jiwa (PT Kurnia Boga Narayan) diterima oleh William Susanto, Direktur.
9. Fashion Retail of The Year 2024: Charles & Keith (PT. Kurnia Ciptamoda Gemilang) diterima oleh Haryanto Pratantara, Business & Operation Director.
10. Health and Beauty Retail of The Year 2024: Watsons Indonesia (PT Duta Intidaya Tbk) diterima oleh Lilis Mulyawati, President Director.
11. Lifetime Achievement & Lifetime Retail Achievement of The Year 2024

12.Brand Legend: Bakmi GM (PT. Griya Miesejati) diterima oleh Marsudi Singgih Lie, Komisaris Utama

– Tokoh retail:
1. Rachmat Sutiono, President Director Funworld
2. Marietta W. Narpati, Founder Madonna Accessories

Pengumuman penghargaan Harmony Award ini juga menandai penutupan Indonesia Retail Summit (IRS)
dan Harmony Award 2024 yang telah terselenggara dengan sukses.

Fetty Kwartati menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah mendukung IRS 2024.

“Saya ingin menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelancaran pelaksanaan IRS 2024. Terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mendukung acara ini, termasuk sponsor, pembina, pengurus, dan seluruh ekosistem HIPPINDO, terutama mitra strategis seperti BRI, Indosat, Coca-Cola, SKINTIFIC, ShopComm, ETP, PWC, dan lainnya,” tutur Fetty.

“IRS 2024 yang berlangsung selama dua hari ini berhasil melibatkan 27 sesi, 30 exhibitor, 100 pembicara, 40 sponsor, dan sekitar 400 pengunjung. Peningkatan partisipasi sebesar 30% dibandingkan tahun sebelumnya menunjukkan kontribusi konkret HIPPINDO dalam menggerakkan perekonomian, khususnya di sektor ritel,” imbuhnya.

“Kami berharap IRS berikutnya akan berkembang menjadi ajang nasional bahkan internasional, dengan kolaborasi bersama negara-negara tetangga seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia, membuka peluang baru bagi pelaku ritel Indonesia untuk berkembang di pasar internasional,” lanjut Fetty.

Rizki Handayani Mustafa menekankan peran penting HIPPINDO bagi masyarakat Indonesia dan kepercayaannya terhadap institusi ini.

“HIPPINDO adalah asosiasi yang memainkan peran vital dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan dan papan. Dengan hubungan yang erat dengan banyak kementerian dan lembaga, HIPPINDO menjadi tulang punggung berbagai sektor ekonomi, termasuk 17 sektor industri kreatif yang didorong oleh Kemenparekraf,” ujar Rizki.

“Saya percaya HIPPINDO akan terus tumbuh dan berkembang, berinovasi serta berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat posisi produk-produk lokal dan menghadapi kompetisi global. Kehadiran merek-merek asing di pasar Indonesia juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan daya saing dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas,” imbuhnya.

“Saya selalu mengapresiasi semangat inovasi dan kolaborasi yang ditunjukkan oleh HIPPINDO, serta energi positif yang tercermin dalam setiap acara yang mereka selenggarakan. Pada acara hari ini, saya berharap semakin banyak anggota HIPPINDO yang turut serta, terutama dalam ajang penghargaan yang akan mengangkat brand-brand terbaik Indonesia. Dengan populasi lebih dari 240 juta orang, Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa besar, dan HIPPINDO berada di posisi strategis untuk memunculkan dan mendorong brand-brand lokal yang dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional,” tutur Kiki.***

Editor: denkur

 

Berita Terkait

Mustahil Tumbuh 8% Tanpa Industri yang Kuat
Presiden Prabowo Tegaskan Layanan Bank Emas Pegadaian dan Bank Syariah Indonesia Dukung Ketahanan Ekonomi Nasional
Presiden Prabowo Resmikan Pegadaian sebagai Bank Emas Pertama di Indonesia
KAI Bersama UMKM Binaan Turut Serta dalam Program Pelatihan “UMKM Naik Kelas” untuk Wujudkan Ekonomi Mandiri dan Berkelanjutan
Pertamina Tegaskan Kualitas Pertamax Sesuai Spesifikasi
FIFGROUP Raih Penghargaan Indonesia Digital Sustainability Awards 2025
Apresiasi Agen Hebat, Pegadaian Gelar Agen Pegadaian Awards 2024 National
Tren Belanja Online 2024: 62% Gen Z Belanja via Live Shopping
Berita ini 56 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 1 Maret 2025 - 12:53 WIB

Mustahil Tumbuh 8% Tanpa Industri yang Kuat

Kamis, 27 Februari 2025 - 12:56 WIB

Presiden Prabowo Tegaskan Layanan Bank Emas Pegadaian dan Bank Syariah Indonesia Dukung Ketahanan Ekonomi Nasional

Kamis, 27 Februari 2025 - 12:40 WIB

Presiden Prabowo Resmikan Pegadaian sebagai Bank Emas Pertama di Indonesia

Kamis, 27 Februari 2025 - 12:36 WIB

KAI Bersama UMKM Binaan Turut Serta dalam Program Pelatihan “UMKM Naik Kelas” untuk Wujudkan Ekonomi Mandiri dan Berkelanjutan

Rabu, 26 Februari 2025 - 19:54 WIB

Pertamina Tegaskan Kualitas Pertamax Sesuai Spesifikasi

Berita Terbaru

Masjid Al Jabbar (Foto: Ist)

BANDUNG UPDATE

Jadwal Buka Puasa Wilayah Bandung Raya Hari Ini

Senin, 3 Mar 2025 - 16:06 WIB

JABAR

Perang Sarung di Sukabumi, Seorang Remaja Kena Bacok

Senin, 3 Mar 2025 - 15:46 WIB

Bupati Sukabumi, Asep Japar (Foto: Istimewa)

JABAR

Bupati Sukabumi: ASN Harus Kompak

Senin, 3 Mar 2025 - 15:18 WIB