Penghargaan Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2022 diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja public relations (PR) BUMN, BUMD Subsidiary BUMN yang berhasil membangun citra positif dan reputasi perusahaan di ranah digital.
DARA – Penghargaan ini digelar SuaraPemerintah.ID bekerjasama dengan TRAS N CO. Khusus untuk perusahaan-perusahaan BUMN, BUMD Subsidiary BUMN di seluruh Indonesia.
Penyerahan penghargaan dilangsungkan secara virtual, Jumat 22 April 2022. Namun, sebelumnya ada webinar yang dipaparkan oleh Dr Emilia Bassar, SSos, MSi, CEO CPROCOM (Center for Public Relations, Outreach and Communication). Mengulas tema “Corporate Reputation Management for BUMN, BUMD”.
Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2022 ini juga didedikasikan khusus untuk perusahaan BUMN, BUMD Susidiary BUMN yang berhasil memanfaatkan Digital Public Relations mereka dalam berkomunikasi untuk menciptakan persepsi positif dan membangun reputasi terhadap perusahaan di mata publik.
Perusahaan-perusahaan BUMN, BUMD Subsidiary BUMN ini juga telah mengolah cara dan fungsi komunikasi mereka di media digital atau internet. Oleh karena itu, Digital Public Relations menjadi begitu penting untuk membangun citra positif perusahaan BUMN, BUMD Subsidiary BUMN.
CEO SuaraPemerintah.ID, Arief Munajad, mengatakan, membangun reputasi di era digital saat ini merupakan tantangan yang harus dihadapi semua lini bisnis. Khususnya bagi perusahaan BUMN, BUMD Subsidiary BUMN.
Pemanfaatan media digital online, kata Arief, menjadi sangat penting karena berbagai informasi saat ini bisa didapatkan dengan mudah dan cepat melalui sarana tersebut. Ditambah lagi pengguna media online semakin meningkat tajam.
“Dalam kondisi seperti sekarang, perusahaan harus go digital atau tertinggal. Melalui digital branding, perusahaan dapat berkomunikasi dan berpromosi untuk meningkatkan brand awareness maupun menjaring calon konsumen baru,” ujar Arief, dalam rilis, Senin (25/4/2022).
Arief menuturkan, SuaraPemerintah.ID hadir sebagai media yang aktif di ranah digital online untuk mempublikasikan berbagai kinerja positif pemerintah, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan Subsidiary (Anak Usaha) BUMN.
Tujuannya adalah agar terbangun reputasi atau citra yang baik dari publik terhadap pemerintah, BUMN, BUMD Subsidiary BUMN.
SuaraPemerintah.ID dengan TRAS N CO Indonesia, lanjut Arief, menggelar Indonesia TOP Digital PR Award 2022 untuk mengapresiasi kegiatan PR Digital di BUMN, BUMD Subsidiary BUMN di seluruh Indonesia.
“Apresiasi ini sebagai bentuk dukungan kami agar PR BUMN, BUMD Subsidiray BUMN semakin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan,” kata Arief.
TRAS N CO Indonesia
TRAS N CO Indonesia adalah perusahaan consulting terkemuka yang mendedikasikan diri terhadap penelitian akan perkembangan brand dan bisnis di Indonesia. TRAS N CO Indonesia juga sebagai penggagas penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, Brand Choice Award, Top Digital PR Award, Top Innovation Choice Award, dan penghargaan bergengsi lainnya.
CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo, mengatakan, reputasi BUMN, BUMD Subsidiary BUMN perlu dibangun untuk menciptakan kepercayaan dari berbagai pihak.
Dengan adanya kepercayaan, maka program-program pengembangan perusahaan-perusahaan pemerintah akan berjalan dengan baik. Di sinilah fungsi peran penting bagian humas atau PR (Public Relations) sebagai penghubung informasi antara internal perusahaan dengan semua pihak.
“Melihat pentingnya peran PR di BUMN, BUMD Subsidiary BUMN, maka kami perlu memberikan apresiasi untuk memacu kinerja PR dalam upaya membangun reputasi positif BUMN, BUMD Subsidiary BUMN di era digital saat ini,” kata Tri.
Tri menjelaskan, para peraih Indonesia TOP Digital PR Award 2022 merupakan BUMN, BUMD Subsidiary BUMN yang telah dipilih berdasarkan penilaian TOP DIGITAL PR Index.
Penilaian dilakukan mulai dari Desember 2021 hingga Februari 2022 dengan menggunakan metode Desk Research terhadap 107 perusahaan BUMN, 848 perusahaan BUMD dan 400 lebih perusahaan subsidiary BUMN.
Indonesia TOP Digital PR Award 2022 menggunakan tiga parameter penilaian digital, yaitu; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect dan Digital Awareness Aspect.
Pemenang
Dari hasil penilaian tersebut, berikut perusahaan-perusahaan yang berhasil meraih TOP Digital PR Award 2022 Special Achievement for BUMN, BUMD Subsidiary BUMN yaitu:
1. Kategori Perusahaan BUMN diraih oleh PT Berdikari, PT Pertamina (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan lainnya.
2. Kategori Perusahaan BUMD diraih oleh Bank Kalsel, Bank Papua, Bank Sulselbar dan lainnya.
3. Kategori Perusahaan Subsidiary BUMN diraih oleh PT Angkasa Pura Supports, PT Mandiri Utama Finance, PT Pegadaian, PT Pos Logistik Indonesia, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Semen Tonasa dan beberapa perusahaan lainnya.
Penghargaan TOP Digital Public Relations ini diharapkan akan mendorong praktisi PR untuk terus memanfaatkan teknologi digital dalam membangun reputasi perusahaan.
Editor: denkur