Meningkatkan Daya Tarik tak Cukup untuk Bersaing di Dunia Pariwisata

Kamis, 11 April 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Humas Jabar

Foto: Humas Jabar

DARA | MAJALENGKA – Meningkatkan daya tarik destinasi wisata dan produk-produk turunannya tidak cukup untuk bersaing di dunia pariwisata.

“Tapi yang lebih penting adalah bagaimana memberikan rasa aman, nyaman, bagi mereka yang berkunjung ke tempat itu,” kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya, saat meresmikan Pasar Digital di Situ Cipanten Kabupaten Majalengka, Selasa (9/4/19).

Salah satu keunggulan Situ Cipanten adalah pasar digital atau destinasi digital. Menurut dia, manajemen pelayanan digital penting bagi wisatawan karena akan mempermudah proses transaksi.

“Pasar digital yang baru saja di-launching ini merupakan kebanggaan tersendiri karena Majalengka ini satu dari beberapa wilayah yang sudah diberi gelar sebagai Kabupaten Digital,” ujar Atalia.

Pasar digital, katanya keren sekali dan dia melihat di Situ Cipanten juga sudah memulai berbelanja menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture ) atau menggunakan aplikasi KasPro yang bisa di-install di smartphone. “Jadi ini semua adalah untuk memudahkan transaksi jual beli.”

EDC adalah mesin yang berfungsi sebagai sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran. Sama seperti EDC, KasPro juga merupakan sistem pembayaran non tunai.

Atalia menambahkan Majalengka memiliki daya tarik tersendiri. Kabupaten yang terletak di timur Jawa Barat ini mempunyai potensi wisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Wilayah Majalengka memiliki perpaduan dataran rendah di bagian utara dan wilayah perbukitan di bagian tengah. Menurut dia,  karakteristik ini membuat Majalengka mempunyai banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

“Menurut saya ini adalah salah satu surga terpendam. Situ Cipanten ini artinya air yang paten karena ada tujuh mata air yang muncul dari permukaan dan tampaknya ini membuat suasana begitu senang, sejuk dan dan nyaman. Kalau biasanya situ itu gersang, tapi ini cantik luar biasa,” katanya.

Atalia berharap, peran Dekranasda dalam menumbuhkan ekonomi kreatif dan produk lokal unggulan Majalengka selalu didukung oleh dinas dan instansi terkait. Karena itu, setiap dinas harus terus berinovasi dalam menggali potensi yang ada di Majalengka agar tergali secara maksimal serta dapat diberdayakan kearifan lokalnya.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Iwan Darmawan mengungkapkan, destinasi digital dengan segala atributnya harus menjadikan suatu destinasi menjadi viral. Sehingga nanti dapat menjadi trending topic di kalangan milenial.

Saat ini fenomena selfie dan mengunggah foto di media sosial merupakan media promosi yang strategis bagi sebuah destinasi wisata. “Untuk itu tempat wisata harus dibuat sedemikian rupa agar cameragenic, instagramable, dan menjadi hit di media sosial,” katanya.***

Editor: Ayi Kusmawan

 

Berita Terkait

Lestarikan Pohon Langka, Pertamina Patra Niaga Regional JBB Jalankan Program Penanaman Saninten di Bandung Utara
Jaga Layanan dan Kehandalan SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional JBB Tingkatkan Skill Operator di Jabode
Lewat Program Redeem Point Kredit Karbon, Pertamina Ajak Pengguna MyPertamina Dorong Dekarbonisasi
Pertamina Patra Niaga Regional JBB Resmikan Program TJSL Desa Wisata Pantai Tirta Ayu di Kecamatan Balongan
Kolaborasi PosIND dan Telkomsel, “Kirim Barang” PosAja! di MyTelkomsel Super App
CIMB Niaga Hadirkan Cakra Khan dan Pemenang Kejar Mimpi Rising Start dalam Konser Kejar Mimpi untuk Indonesia di Batam
Goodyear Perluas Layanan Belanja Digital Melalui TikTok Shop dan Program Trade-In
Pinjaman Multiguna Melalui Fasilitas Dana Dari SEVA, Mudah Penuhi Segala Kebutuhan
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 14 Desember 2024 - 17:42 WIB

Lestarikan Pohon Langka, Pertamina Patra Niaga Regional JBB Jalankan Program Penanaman Saninten di Bandung Utara

Sabtu, 14 Desember 2024 - 11:19 WIB

Jaga Layanan dan Kehandalan SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional JBB Tingkatkan Skill Operator di Jabode

Sabtu, 14 Desember 2024 - 11:08 WIB

Lewat Program Redeem Point Kredit Karbon, Pertamina Ajak Pengguna MyPertamina Dorong Dekarbonisasi

Sabtu, 14 Desember 2024 - 11:00 WIB

Pertamina Patra Niaga Regional JBB Resmikan Program TJSL Desa Wisata Pantai Tirta Ayu di Kecamatan Balongan

Jumat, 13 Desember 2024 - 15:59 WIB

Kolaborasi PosIND dan Telkomsel, “Kirim Barang” PosAja! di MyTelkomsel Super App

Berita Terbaru

Kepala Dimas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Panji Hernawan

BANDUNG UPDATE

Nataru, Wisatawan Bandung Barat Diprediksi Naik Sekitar 15 Persen

Senin, 16 Des 2024 - 16:16 WIB