Hari menyebut, pihaknya sudah mengupayakan beberapa antisipasi agar pendistribusian air kepada para pelanggan bisa tetap optimal meskipun sedang ada penurunan kapasitas air.
DARA- Memasuki musim kemarau, banyak masyarakat mengeluhkan berkurangnya debit pada sumber air (sumur) mereka, beberapa wilayah di Kabupaten Bandung pun mulai mengalami kekeringan.
Bukan hanya sumber air milik masyarakat, dampak perubahan musim tersebut juga menyebabkan berkurangnya kapasitas sumber air milik Perumda Air Minum Tirta Raharja, sehingga pelayanan mereka terhadap pelanggan di empat wilayah layanan mengalami penurunan.
Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja, Sri Hartati melalui Sekretaris Staf Perusahaan, Hari Faisal mengatakan, saat ini pendistribusian air hasil pengolahan dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perumda Air Minum Tirta Raharja kepada para pelanggan mengalami fluktuasi secara kuantitas, dan kontinuitas pengaliran.
“Untuk itu kami mohon, agar bisa Pelanggan mengantisipasinya dengan menyediakan penampungan air secukupnya secara bijak dalam penggunaan air,” ujar Hari pada dara.co.id melalui sambungan telepon, Jum’at (10/9/2021) malam.
Hari menyebut, pihaknya sudah mengupayakan beberapa antisipasi agar pendistribusian air kepada para pelanggan bisa tetap optimal meskipun sedang ada penurunan kapasitas air.
Salah satunya dengan melakukan pengecekan secara kontinyu terhadap ketersediaan sumber air baku, rekayasa jaringan perpipaan dengan penjadwalan terhadap pendistribusian air ke setiap jalur pipa pelanggan yang terdampak, serta memfasilitasi menyediakan armada tangki untuk pengiriman air minum kepada masyarakat (pelanggan) yang mengajukan permintaan air bersih.
“Hal itu terus kami lakukan secara optimal agar masyarakat terutama para pelanggan tetap merasa nyaman. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami siap membantu masyarakat (non pelanggan) yang membutuhkan air bersih dan akan kami kirim dengan armada tangki, asalkan pengajuannya terkoordinir misalnya melalui pemerintah setempat (RT, RW, Desa),” papar Hari.
Untuk diketahui, Perumda Air Minum Tirta Raharja melayani kebutuhan air minum masyarakat/pelanggan di empat wilayah pelayanan meliputi Wilayah Pelayanan satu meliputi Soreang dan Ciwidey, Wilayah Pelayanan dua meliputi Banjaran, Bojongsoang dan Pangalengan, Wilayah Pelayanan tiga meliputi Ciparay, Majalaya, dan Rancaekek, serta Wilayah empat meliputi Cimahi, Cisarua, Padalarang, dan Cililin.
“Pada masing-masing Wilayah Pelayanan memiliki sumber air, sistem pengolahan air, sistem distribusi dan pelanggan dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan kondisi lingkungan dan sosialnya,” ungkap Hari.
Sejauh ini, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung beroperasi secara optimal untuk melayani masyarakat di Kabupaten Bandung sebanyak 107.316 Sambungan Rumah di empat wilayah pelayanan tersebut.
Untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan dan atau pelanggan yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pelayanan air minum Perumda Air Minum Tirta Raharja, pelanggan dapat menghubungi atau mengirim pesan, ke petugas pelayanan langganan yang telah disediakan.
“Dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan. Selanjutnya, kirimkan pesan dimaksud ke nomor Pengaduan Pelanggan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja via WhatsApp ke Wilayah Pelayanan satu Soreang 08112228563, Wilayah Pelayanan dua Banjaran 081120000206, Wilayah Pelayanan tiga Ciparay 08112228562, Wilayah Pelayanan empat Cimahi 08112228561,” pungkasnya.
Editor : Maji