OCTO Mobile, Super App dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) yang dirancang menjadi one-stop mobile financial solution, dinobatkan sebagai “The Most Innovative Mobile App of the Year”.
DARA – Penghargaan tersebut diberikan pada acara Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2021 yang dilaksanakan secara virtual di Jakarta, Selasa (7/12/2021).
BIFA merupakan penghargaan bagi individu dan perusahaan finansial yang berhasil mencatatkan kinerja cemerlang dan efisiensi tinggi, serta konsisten berada dalam koridor praktik bisnis yang baik.
Apresiasi ini diharapkan dapat mendorong industri finansial untuk berperan lebih besar dalam pemulihan perekonomian nasional yang disebabkan pandemi Covid-19.
OCTO Mobile berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut karena dinilai sebagai aplikasi mobile yang paling inovatif dalam mengembangkan fitur, user interface, user experience, serta bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas finansial nasabah secara sehat dan aman.
Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi menyatakan, penghargaan ini membuktikan bahwa OCTO Mobile dapat menjadi jawaban yang relevan atas kebutuhan masyarakat dalam melakukan beragam aktivitas perbankan.
“Pengakuan dari pihak independen ini sekaligus apresiasi bagi seluruh team di CIMB Niaga yang terus gigih mengembangkan OCTO Mobile, hingga menjadi sebuah Super App yang modern dengan tetap mengedepankan aspek humanis. Dengan kelengkapan fitur yang inovatif, kami berharap OCTO Mobile dapat terus menjadi partner terbaik bagi masyarakat untuk mewujudkan mimpi-mimpinya,” kata Bambang saat menerima penghargaan “The Most Innovative Mobile App of the Year” dalam BIFA 2021.
Super App dengan fitur lengkap
Bambang menjelaskan, pengembangan OCTO Mobile merupakan bagian dari strategi digitalisasi yang dilakukan CIMB Niaga jauh sebelum pandemi.
Bermula dari aplikasi mobile banking yang diluncurkan pertama kali pada 2012, OCTO Mobile terus ditransformasikan menjadi Super App yang dibekali fitur lengkap. Pengembangan tersebut terbukti dapat meningkatkan transaksi digital. Per 30 September 2021, transaksi finansial digital melalui OCTO Mobile meningkat sebesar 94,6% year on year.
Dengan kelengkapan fitur tersebut, nasabah bisa melakukan beragam transaksi finansial di OCTO Mobile seperti transfer tanpa biaya ke bank lain sebanyak 20 kali per bulan, Top-Up e-Wallet tanpa biaya hingga 20 kali per bulan ke berbagai e-Wallet, serta 20 kali tarik tunai tanpa biaya di ATM bank mana saja.
Selain itu, nasabah juga bisa membayar beragam tagihan, seperti kartu kredit, telepon, angsuran, hingga Penerimaan Negara seperti Pajak dan Passport bekerja sama dengan tiga kementerian.
Bagi nasabah yang ingin berinvestasi seperti reksa dana, obligasi, dan deposito (rupiah maupun valuta asing), atau membeli proteksi asuransi, juga bisa difasilitasi melalui OCTO Mobile. Tarik setor tunai tanpa kartu di seluruh ATM CIMB Niaga atau di gerai Indomaret pun bisa dilakukan secara praktis melalui OCTO Mobile.
Sebagai Super App, OCTO Mobile juga dapat digunakan nasabah untuk mengajukan dan mengelola
pinjaman.
Pemegang kartu kredit CIMB Niaga kini bisa mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan tetap 0% selama 3, 6, dan 12 bulan untuk transaksi senilai minimal Rp300 ribu.
Tidak hanya itu, untuk mendukung gaya hidup nasabah saat ini, OCTO Mobile telah dilengkapi dengan fitur Travel Concierge. Hal ini semakin memperkuat OCTO Mobile sebagai Super App, karena digital banking ini tidak terbatas pada produk perbankan atau transaksi, namun juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat lainnya, seperti pembelian tiket pesawat tanpa perlu beralih ke aplikasi lain.
Bagi masyarakat yang tertarik untuk memperoleh beragam keunggulan OCTO Mobile, namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, bisa mendownload Super App ini dengan mudah di Google PlayStore, Apple AppStore atau Huawei AppGallery dan membuka rekening untuk pertama kali.
Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang.
Proses pembukaan rekening tabungan bagi nasabah baru melalui OCTO Mobile kini dapat dilakukan tanpa melalui proses tatap muka dengan Video Banking Officer (VBO). Karena CIMB Niaga telah menerapkan Straight Through Process (STP). Hal ini memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih cepat.
Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat menikmati fitur-fitur yang dibutuhkan tanpa perlu menunggu kartu debit/ATM datang.
“Ke depan kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi fitur dan layanan secara berkelanjutan,” ujar Bambang.
Editor: denkur