Optimalisasi Operasional Keuangan, Qoala Resmi Adopsi Fitur Supplier Portal Milik Paper.id

Kamis, 5 Desember 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Paper.id dan Qoala mengumumkan kerjasama yang memudahkan 60,000 tenaga pemasar Qoala dalam membantu jutaan masyarakat Indonesia mendapatkan ketenangan pikiran lewat kepemilikan asuransi.

DARA | Qoala, perusahaan insurtech (insurance technology) terkemuka di Asia Tenggara, resmi mengumumkan kerjasama strategis dengan Paper.id, platform digital yang menawarkan solusi terintegrasi untuk pengelolaan finansial bisnis.

Kolaborasi ini menjadi langkah penting bagi Qoala dalam meningkatkan efisiensi operasional dan transparansi keuangan dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi dan automasi untuk proses Accounts Payable (A/P).

Sebagai informasi, Peta Jalan Pengembangan dan Penguatan Perasuransian Indonesia 2023-2027 yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan peningkatan penetrasi asuransi menjadi 3,2% pada tahun 2027 dengan densitas asuransi sebesar Rp2,4 juta per penduduk.

Lebih lanjut, densitas asuransi di Indonesia masih berada di kisaran Rp1,5 juta per penduduk, menciptakan gap sebesar Rp900 ribu per penduduk yang harus dijembatani dalam tiga tahun mendatang. Untuk mengejar potensi ini, efisiensi operasional menjadi faktor kunci bagi perusahaan asuransi untuk meningkatkan layanan mereka.

Melalui kerja sama dengan Paper.id, Qoala kini mampu mengelola seluruh proses pembuatan, persetujuan, hingga pembayaran invoice secara lebih cepat, akurat, dan efisien.

Paper.id menghadirkan sejumlah fitur unggulan yang dirancang untuk membantu Qoala mencapai efisiensi optimum. Proses digitalisasi dimulai dengan pembuatan invoice yang dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti unggahan file Excel, input manual, hingga teknologi OCR (Optical Character Recognition) untuk membaca data dari dokumen fisik.

Setelah invoice dibuat, sistem secara otomatis mencatat tanggalnya dan mendistribusikannya secara digital ke berbagai divisi terkait untuk proses persetujuan secara digital dan lebih cepat.

Invoice yang sudah disetujui dapat secara otomatis terhubung dengan berbagai software akuntansi melalui API yang disediakan oleh Paper.id. Dalam hal ini, invoice yang sudah dibuat oleh Qoala akan otomatis terintegrasi dengan Xero sebagai software akuntansi.

Integrasi ini memastikan data yang tercatat di kedua platform konsisten dan akurat tanpa perlu input manual tambahan. Bagi perusahaan besar, Paper.id juga menyediakan integrasi dengan berbagai software akuntansi
seperti Xero, Jurnal, Accurate dan lainnya.

Lebih lanjut, Paper.id juga menyediakan pilihan ragam metode pembayaran, seperti Virtual Account (VA) dan Credit Card (CC), yang dapat diakses langsung melalui platform. Setelah pembayaran selesai dilakukan, status invoice pun akan otomatis diperbarui di Paper.id dan software akuntansi pendukung.

“Kami sangat senang dapat mendukung Qoala dalam mempercepat adopsi digital mereka. Dengan solusi yang kami tawarkan, kami berharap Qoala dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangannya dan memperkuat hubungan dengan mitra bisnis mereka,” ujarng Anthony Huang selaku Chief Business Officer Paper.id.

Selain itu, sistem Paper.id juga memberikan notifikasi otomatis kepada supplier terkait status pembayaran. Hal ini membantu mempercepat proses konfirmasi pembayaran dan memastikan seluruh pihak yang terlibat mendapatkan kepastian lebih cepat, sehingga mendukung kelancaran operasional bisnis.

“Kami yakin inovasi ini akan membantu Qoala meningkatkan efisiensi anggaran dan mengurangi biaya operasional, mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” tutup Anthony dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2024).

Sementara itu, Harshet Lunani, Co-Founder dan CEO Qoala menyatakan: “sebagai perusahaan insurtech yang terus berkembang, efisiensi tinggi dalam pengelolaan keuangan adalah prioritas utama bagi kami. Kolaborasi dengan Paper.id ini merupakan solusi strategis untuk membuat  proses pembayaran dan keuangan menjadi lebih cepat, akurat, dan transparan. Dengan ini, kami dapat mendorong pertumbuhan dan daya saing Qoala di industri.”

Sejak 2016, Paper.id, sebagai platform invoicing dan pembayaran digital untuk B2B (business-to-business), terus berinovasi dalam menghasilkan solusi-solusi digital yang mendukung optimalisasi proses bisnis, salah satunya adalah dengan fitur OCR yang didukung dengan AI (artificial intelligent).

Ke depannya, Paper.id terus berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan berbagai sektor usaha untuk mendorong efisiensi operasional bisnis yang terdigitalisasi.

Tentang Paper.id
Didirikan pada tahun 2017, Paper.id adalah solusi invoicing dan pembayaran B2B yang menyederhanakan dan mempercepat proses pembayaran bisnis.

Platform Paper.id dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan bisnis, memfasilitasi pembayaran melalui PaperPay Out dan menerima pembayaran melalui PaperPay In dengan lebih dari 30 metode pembayaran.

Menawarkan fitur-fitur seperti rekonsiliasi otomatis, pelacakan & pencocokan dokumen yang tepat, serta rantai pasokan berbasis pendanaan, Paper.id membantu bisnis mengoptimalkan arus kas mereka.

Dipercaya oleh lebih dari 600.000 pemilik bisnis, termasuk Kopi Kenangan, J&T Cargo, dan Amorepacific Corporation, Paper.id terintegrasi secara mulus dengan sistem ERP yang digunakan oleh perusahaan besar melalui API yang kuat.

Jika berdiri sendiri, ini berfungsi sebagai solusi menyeluruh bagi UMKM, mendigitalkan dan menghubungkan seluruh proses rantai pasokan mereka.

Pada tahun 2023, Paper.id menjalin kerjasama strategis dengan PERURI (Perusahaan Umum Pencetak Uang Republik Indonesia) untuk menyediakan e-materai dan dengan Visa dan Bank BRI untuk meluncurkan kartu kredit bisnis premium pertama di Indonesia.

Beroperasi di Jakarta, Indonesia, perusahaan ini didukung oleh Go-Ventures (Argor), Square Peg, SMBC Asia Rising
Fund, dan Golden Gate Ventures.***

Editor: denkur

 

Berita Terkait

Serambi MyPertamina Manjakan Konsumen di Nataru, Ini Sederet Promonya
Gelar Petrofin Peduli CSR Awards tahun ke 3, Elnusa Petrofin Apresiasi Kreasi dan Inovasi Unit Operasi dalam Pelaksanaan CSR
Dukung Gaya Hidup Sehat: Belanja Lebih Mudah di Salomon dan Saucony Pakai Indodana PayLater
Sambut Natal dan Tahun Baru 2025, CIMB Niaga Optimalkan Layanan Digital Permudah Transaksi Nasabah
Catatan Akhir Tahun: Investasi dan Industri sebagai Faktor Kritis dalam Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi 8%
Pendaftar LPG 3 Kg Mencapai 57 Juta NIK, Upaya Pertamina Patra Niaga Wujudkan Subsidi Tepat Sasaran
Lestarikan Pohon Langka, Pertamina Patra Niaga Regional JBB Jalankan Program Penanaman Saninten di Bandung Utara
Jaga Layanan dan Kehandalan SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional JBB Tingkatkan Skill Operator di Jabode
Berita ini 32 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 26 Desember 2024 - 09:50 WIB

Serambi MyPertamina Manjakan Konsumen di Nataru, Ini Sederet Promonya

Kamis, 26 Desember 2024 - 09:45 WIB

Gelar Petrofin Peduli CSR Awards tahun ke 3, Elnusa Petrofin Apresiasi Kreasi dan Inovasi Unit Operasi dalam Pelaksanaan CSR

Selasa, 24 Desember 2024 - 21:12 WIB

Dukung Gaya Hidup Sehat: Belanja Lebih Mudah di Salomon dan Saucony Pakai Indodana PayLater

Selasa, 24 Desember 2024 - 11:04 WIB

Sambut Natal dan Tahun Baru 2025, CIMB Niaga Optimalkan Layanan Digital Permudah Transaksi Nasabah

Senin, 23 Desember 2024 - 21:37 WIB

Catatan Akhir Tahun: Investasi dan Industri sebagai Faktor Kritis dalam Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi 8%

Berita Terbaru

Kemenkomdigi, Meutya Hafid (Foto: Kemkomdigi)

HEADLINE

Meutya Hafid: Jaringan Aman, Libur Nataru Tanpa Gangguan

Kamis, 26 Des 2024 - 09:58 WIB

mobil sim keliling kota Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Kamis 26 Desember 2024

Kamis, 26 Des 2024 - 07:35 WIB