Rencananya, penyesuaian tarif air minum ini akan diberlakukan secara berkala yang bakal dimulai pada bulan September 2022 mendatang.
DARA- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung berencana menaikkan tarif layanan di tahun 2022. Penyesuaian tarif ini dilakukan secara berkala mulai September 2022 hingga September 2023.
Hal itu terungkap pada acara Konsultasi Publik dengan perwakilan pelanggan, LSM dan insan pers, di Ruang Rapat PDAM Tirta Raharja, di Cimahi, Kamis (21/7/2022).
Direktur Utama PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung, Rudi Kusmayadi mengungkapkan, rencana penyesuaian tarif tersebut terpaksi dilakukan dengan berbagai pertimbangan, terutama menyangkut biaya operasional yang semakin membengkak.
” Rencananya, penyesuaian tarif air minum ini akan diberlakukan secara berkala yang bakal dimulai pada bulan September 2022 mendatang. Sebenarnya telah diajukan sejak 2018 lalu. Namun, tertunda dikarenakan pada saat itu ada lonjakan pandemi Covid-19,” paparnya.
“Saat ini tarif yang diberlakukan yaitu tarif sejak 2017. Dengan berbagai pertimbangan, kami mengajukan penyesuaian tarif pada September mendatang,” kata Rudi.
Dijelaskan Rudi, langkah penyesuaian tarif yang dilakukan pihaknya ini diambil dengan mengacu kepada berbagai pertimbangan. Salah satunya, lanjutnya, adalah nilai tukar rupiah terhadap dolar yang meningkat. Kondisi yang terjadi memicu kenaikan harga bahan baku pengolahan air bersih.
Perumda Air Minum Tirta Raharja rencananya akan menyesuaikan tarif air minum di bulan September 2022 secara bertahap sampai dengan bulan September 2023, adapun dasar pertimbangan penyesuaian tarif air minum di Perumda Air Minum Tirta Raharja merujuk pada hasil reviu Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jawa Barat yaitu :
JENIS TARIF LAMA (2017) BARU (2022)
Tarif Rendah Rp. 2.400/m³ Rp. 3.500/m³
Tarif Dasar Rp. 4.700/m³ Rp. 7.100/m³
Tarif Penuh Rp. 7.100/m³ Rp. 9.500/m³
Dengan Penyesuaian bagi Perumda Air Minum Tirta Raharja selain dapat memenuhi kebutuhan biaya operasional dan meningkatkan pengembangan pelayanan bagi Pelanggan dan kedepannya diharapkan akan merubah pola kebiasaan bagi Pelanggan dalam menggunakan air minum menjadi lebih bijak.
Editor : Maji