Pemkab Garut Raih Opini Kualitas Tertinggi dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024

Selasa, 19 November 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Inspektur Daerah Kabupaten Garut, Natsir Alwi (Foto: Ist)

Inspektur Daerah Kabupaten Garut, Natsir Alwi (Foto: Ist)

Pencapaian tahun 2024 menunjukkan tren positif.

DARA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kembali mencatat prestasi gemilang dengan meraih Opini Kualitas Tertinggi dan masuk dalam Zona Hijau serta Kategori A (nilai 94,76) dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia.

Pengumuman hasil penilaian ini disampaikan oleh Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, dalam acara penganugerahan di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (14/11/2024).

Penilaian tahun ini melibatkan 587 entitas, termasuk 25 kementerian, 14 lembaga, 34 pemerintah provinsi, 98 pemerintah kota, dan 416 pemerintah kabupaten.

Menurut Najih, pencapaian tahun 2024 menunjukkan tren positif, dengan peningkatan jumlah penyelenggara layanan di Zona Hijau yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Hasil ini adalah buah dari komitmen seluruh pihak untuk menghadirkan pelayanan publik yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar Najih.

Keberhasilan ini tidak lepas dari sejumlah langkah strategis dan inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Garut.

Inspektur Daerah Kabupaten Garut, Natsir Alwi, menyebutkan bahwa Pemkab Garut telah melaksanakan manajemen perubahan pelayanan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan publik.

“Kami membuka pengaduan seluas-luasnya sebagai bahan evaluasi peningkatan pelayanan, menghadirkan tempat layanan sedekat mungkin hingga ke tingkat desa, dan memastikan warga mudah mengakses layanan,” ujarnya.

Selain itu, menurut Natsir, Pemkab Garut juga menghadirkan berbagai inovasi pelayanan publik, seperti:
1. Pelayanan Jemput ka Rorompok (Pajero) untuk mendekatkan layanan langsung ke rumah warga.
2. Tim Reaksi Cepat Kegawatdaruratan Administrasi Kependudukan (TREKK) yang responsif terhadap kebutuhan darurat.
3. Jemput Perekaman Pemula Anak di Sekolah (Jerapah) untuk mempermudah anak sekolah melakukan perekaman data kependudukan.
4. Publish Baby, yaitu layanan untuk memastikan bayi baru lahir mendapatkan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak.
5. Layanan Online Pasti Oke dan Pasti Berkah, serta program Raksa Paduka Bergradasi untuk kemudahan layanan daring.

Natsir juga menjelaskan Pemkab Garut berkolaborasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain melalui aplikasi Digjaya (Data Integratif Garut dengan Jangkauan Wilayah).

“Aplikasi ini membantu pengolahan data dengan tambahan informasi yang relevan untuk penanggulangan kemiskinan, stunting, kebencanaan, dan lain-lain,” katanya.

Meskipun pencapaian ini patut diapresiasi, Natsir menekankan bahwa masih banyak hal yang harus ditingkatkan. Salah satunya adalah memperluas jangkauan layanan hingga ke tingkat RW dan meningkatkan kualitas layanan dengan menetapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sebagai SKPD yang menerapkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

“Hal ini sejalan dengan visi kami untuk mewujudkan Kabupaten Garut yang unggul, maju, dan sejahtera,” kata Natsir.

Natsir menambahkan, keberhasilan ini menegaskan komitmen Pemkab Garut dalam memberikan pelayanan publik berkualitas, sekaligus mendorong tata kelola pemerintahan yang baik demi kesejahteraan masyarakat.***

Editor: denkur

Berita Terkait

Pj Bupati Cirebon Pantau Pemeliharaan PJU, Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Pengguna Jalan
Jelang Debat Kedua dan Kampanye Rapat Umum Pilkada 2024, KPU Garut Gelar Rapat Koordinasi
Terima Orderan 24 Jam, Tukang Bangunan Garut Kini Bisa Dipanggil Online
Ini Empat Agenda yang Tersaji dalam Rapat Dinas Bupati Sukabumi
Asa Bupati Marwan di Gerakan PKK
Kolaborasi Membangun Inovasi: Lapas Narkotika Cirebon Sambangi Lapas Garut
Polres Garut Gelar Patroli Skala Besar, Ini Sasarannya
KPU Garut Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada 2024 di TPS 9 Langensari
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 19 November 2024 - 08:28 WIB

Pj Bupati Cirebon Pantau Pemeliharaan PJU, Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Pengguna Jalan

Selasa, 19 November 2024 - 08:10 WIB

Jelang Debat Kedua dan Kampanye Rapat Umum Pilkada 2024, KPU Garut Gelar Rapat Koordinasi

Selasa, 19 November 2024 - 08:05 WIB

Pemkab Garut Raih Opini Kualitas Tertinggi dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024

Senin, 18 November 2024 - 19:32 WIB

Terima Orderan 24 Jam, Tukang Bangunan Garut Kini Bisa Dipanggil Online

Senin, 18 November 2024 - 19:28 WIB

Ini Empat Agenda yang Tersaji dalam Rapat Dinas Bupati Sukabumi

Berita Terbaru

Foto: miga/dara.co.id

BANDUNG UPDATE

Prakiraan Cuaca Bandung, Selasa 19 November 2024

Selasa, 19 Nov 2024 - 05:44 WIB

mobil sim keliling kabupaten Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Selasa 19 November 2024

Selasa, 19 Nov 2024 - 05:39 WIB