Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah suatu jenis usaha yang dimiliki oleh satu orang atau lebih dan tidak terikat oleh pihak manapun.
DARA | Penguasaan pasar diperlukan dalam meningkatkan pangsa pasar, maka salah satu caranya adalah dengan melakukan komunikasi bisnis.
Komunikasi bisnis merupakan suatu proses pertukaran pesan atau informasi untuk dapat mencapai efektivitas dan efisiensi produk dalam suatu jenis usaha.
Dalam melakukan komunikasi bisnis pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat diantaranya:
1. Pelanggan dapat mengetahui produk pelaku UMKM
Komunikasi bisnis dilakukan dengan tujuan memberikan informasi kepada public akan produk yang dijual.
2. Pelanggan akan tertarik dengan produk pelaku UMKM
Dengan penyampaian informasi yang tepat, pelanggan akan tertarik dengan produk yang ditawarkan.
3. Pelaku UMKM dapat menentukan target pasar
Dengan proses komunikasi bisnis ini, maka pelaku usaha dapat melakukan evaluasi dan memiliki target untuk kelangsungan usahanya
4. Meningkatkan kesetiaan pelanggan
Dengan evaluasi tersebut, maka pelanggan akan merasakan adanya perubahan baik dari segi produk atau pelayanannya.
5. Timbulnya kerja sama jangka panjang
Dengan pencapaian yang didapatkan, maka akan adanya pihak yang akan menjalin kerjasama.
Komunikasi bisnis juga tidak hanya bermanfaat, namun komunikasi bisnis memiliki peran terhadap pelaku usaha, peran tersebut diantaranya:
– Komunikasi bisnis sebagai usaha meningkatkan penjualan biasa
– Komunikasi bisnis sebagai berstrategi marketing bagi pelaku usaha
Untuk dapat merasakan manfaat dan peran dari komunikasi pelaku usaha diharapkan melakukan tiga jenis komunikasi.
Stewart L.Tubbs dan Sylvia Moss menjelaskan tiga macam model dalam komunikasi diantaranya:
1. Model komunikasi linear
Komunikasi linear adalah model komunikasi satu arah, dimana komunikasi ini memberikan tanggapan yang diharapkan dengan carat atap muka atau melalu media.
2. Model komunikasi interaksional
Komunikasi interaksional adalah model komunikasi dua arah, dimana pada model ini akan terjadinya feedback.
3. Model komunikasi transaksional
Komunikasi transaksional adalah model komunikasi yang mana hanya dipahami jika memiliki hubungan kerjasama, isi konten pesan yang dibawa dan bertukar pesan.
Jadi, sebagai pelaku bisnis diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik untuk dapat mencapai tujuan usaha dimana para pelaku UMKM akan merasakan manfaat dan peran dari UMKM.***(Ledi Febriana, Lia Siti Aulia, Mardhyana Agustina, Mareta Hendrayanti F.I.B, Mahasiswa Universitas Pamulang)
Editor: denkur