Pentingnya Komunikasi Bisnis untuk Para pelaku UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi (Foto: Semesta/Kemenkopukm)

Ilustrasi (Foto: Semesta/Kemenkopukm)

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah suatu jenis usaha yang dimiliki oleh satu orang atau lebih dan tidak terikat oleh pihak manapun.


DARA | Penguasaan pasar diperlukan dalam meningkatkan pangsa pasar, maka salah satu caranya adalah dengan melakukan komunikasi bisnis.

Komunikasi bisnis merupakan suatu proses pertukaran pesan atau informasi untuk dapat mencapai efektivitas dan efisiensi produk dalam suatu jenis usaha.

Dalam melakukan komunikasi bisnis pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat diantaranya:

1. Pelanggan dapat mengetahui produk pelaku UMKM

Komunikasi bisnis dilakukan dengan tujuan memberikan informasi kepada public akan produk yang dijual.

2. Pelanggan akan tertarik dengan produk pelaku UMKM

Dengan penyampaian informasi yang tepat, pelanggan akan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. Pelaku UMKM dapat menentukan target pasar

Dengan proses komunikasi bisnis ini, maka pelaku usaha dapat melakukan evaluasi dan memiliki target untuk kelangsungan usahanya

4. Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Dengan evaluasi tersebut, maka pelanggan akan merasakan adanya perubahan baik dari segi produk atau pelayanannya.

5. Timbulnya kerja sama jangka panjang

Dengan pencapaian yang didapatkan, maka akan adanya pihak yang akan menjalin kerjasama.

Komunikasi bisnis juga tidak hanya bermanfaat, namun komunikasi bisnis memiliki peran terhadap pelaku usaha, peran tersebut diantaranya:
– Komunikasi bisnis sebagai usaha meningkatkan penjualan biasa
– Komunikasi bisnis sebagai berstrategi marketing bagi pelaku usaha

Untuk dapat merasakan manfaat dan peran dari komunikasi pelaku usaha diharapkan melakukan tiga jenis komunikasi.

Stewart L.Tubbs dan Sylvia Moss menjelaskan tiga macam model dalam komunikasi diantaranya:

1. Model komunikasi linear

Komunikasi linear adalah model komunikasi satu arah, dimana komunikasi ini memberikan tanggapan yang diharapkan dengan carat atap muka atau melalu media.

2. Model komunikasi interaksional

Komunikasi interaksional adalah model komunikasi dua arah, dimana pada model ini akan terjadinya feedback.

3. Model komunikasi transaksional

Komunikasi transaksional adalah model komunikasi yang mana hanya dipahami jika memiliki hubungan kerjasama, isi konten pesan yang dibawa dan bertukar pesan.

Jadi, sebagai pelaku bisnis diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik untuk dapat mencapai tujuan usaha dimana para pelaku UMKM akan merasakan manfaat dan peran dari UMKM.***(Ledi Febriana, Lia Siti Aulia, Mardhyana Agustina, Mareta Hendrayanti F.I.B, Mahasiswa Universitas Pamulang)

Editor: denkur

 

Berita Terkait

bank bjb Raih Platinum Rank di Ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2024
bank bjb Tawarkan Peluang Investasi Melalui Surat Berharga Perpetual dengan Kupon yang Tinggi
Pastikan Pelayanan Prima kepada Konsumen, Pertamina Patra Niaga Tingkatkan Inspeksi ke SPBU
Berhasil Mengelola Reputasi, BRI Finance Sabet Penghargaan Indonesia Most Reputable Companies Champions 2024
Proyek Strategis Nasional Terminal LPG Bima Selesai, Perkuat Distribusi LPG untuk Masyarakat NTB
Perkuat Sinergitas, bank bjb Tandatangani PKS Penggunaan Produk dan Jasa Layanan Perbankan dengan TNI Angkatan Laut
Dukung Target Net Zero Emissions Pemerintah Tahun 2060, SMOOT Akselerasi Efisiensi Bisnis dengan Gandeng Paper.id
CIMB Niaga Gelar Konser Kejar Mimpi untuk Indonesia di Samarinda, Tampilkan Kolaborasi Mahalini dan Pemenang Kejar Mimpi Rising Start
Berita ini 2 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Senin, 25 November 2024 - 20:44 WIB

bank bjb Raih Platinum Rank di Ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2024

Sabtu, 23 November 2024 - 20:48 WIB

bank bjb Tawarkan Peluang Investasi Melalui Surat Berharga Perpetual dengan Kupon yang Tinggi

Sabtu, 23 November 2024 - 09:38 WIB

Pastikan Pelayanan Prima kepada Konsumen, Pertamina Patra Niaga Tingkatkan Inspeksi ke SPBU

Kamis, 21 November 2024 - 16:40 WIB

Berhasil Mengelola Reputasi, BRI Finance Sabet Penghargaan Indonesia Most Reputable Companies Champions 2024

Kamis, 21 November 2024 - 15:26 WIB

Proyek Strategis Nasional Terminal LPG Bima Selesai, Perkuat Distribusi LPG untuk Masyarakat NTB

Berita Terbaru

Foto: miga/dara.co.id

BANDUNG UPDATE

Prakiraan Cuaca Bandung, Selasa 26 November 2024

Selasa, 26 Nov 2024 - 05:44 WIB

mobil sim keliling kabupaten Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Selasa 26 November 2024

Selasa, 26 Nov 2024 - 05:40 WIB

mobil sim keliling kota Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Selasa 26 November 2024

Selasa, 26 Nov 2024 - 05:38 WIB