Perkuat Pasar Indonesia, Platform Layar Kunci Glance Dukung Peningkatan Ekonomi Kreatif

Kamis, 24 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Glance berharap strategi ini menciptakan peluang monetisasi bagi konten kreator lokal, merek, dan publisher di pasar Indonesia, seiring rencana perusahaan menambah SDM lokal untuk menghadirkan konten berkualitas yang ‘selalu happening’ di layar kunci smartphone pengguna’.


DARA – Glance merupakan platform berbasis AI yang memampukan pengguna menjelajahi konten di layar kunci (lock screen) smartphone Android, dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 188 juta di Asia.

Di tahun ini Glance fokus untuk menambah jumlah SDM dan menjalin kerja sama strategis dengan publisher dan konten kreator tersohor di Indonesia untuk menyuguhkan konten lokal yang premium dan relevan di layar kunci.

Acara virtual Indonesia Unlocked pada 23 Februari 2022 dihadiri oleh ratusan pengiklan, publisher, konten kreator dan tokoh kunci pemerintah, menjadi bukti dari komitmen Glance untuk membangun kerja sama strategis yang bertujuan mengembangkan lokalisasi konten.

Glance baru saja meluncurkan Glance LIVE, fitur live streaming yang memungkinkan kreator untuk terhubung dengan ribuan pengguna secara real time dan interaktif di layar kunci.

Glance, platform lock-screen terbesar di Asia Tenggara, mengumumkan rencana bisnisnya untuk memperluas tim lokal di Indonesia melalui kolaborasi dengan merek (brand) ternama, publisher, dan kreator sebagai bagian dari strategi “Indonesia First”.

Foto: Istimewa

Ekspansi ini merupakan bukti komitmen Glance di pasar Indonesia, serta ambisi Glance untuk menyuguhkan
konten premium yang relevan, dengan ciri khas Indonesia, bagi para pengguna Indonesia.

Sebagai bagian dari strategi bisnis Indonesia First, Glance menunjuk Dalip Shahri sebagai Director of Market Development Glance Indonesia. Berbasis di Jakarta, Dalip akan membantu Glance dalam membentuk kemitraan strategis, menjalin kolaborasi dengan stakeholder lokal, membangun aliansi influencer, dan sebagainya.

Glance juga berencana untuk menambah jumlah karyawan di Indonesia di sepanjang tahun 2022, dengan fokus pada produksi konten.

Ekspansi di pasar internasional, termasuk Indonesia, didukung oleh keberhasilan Glance yang baru saja meraih pendanaan senilai US$ 200 juta dari raksasa telekomunikasi Jio Platforms (bagian dari Reliance Industries).

Sejak resmi masuk pasar Indonesia pada tahun 2020, Glance telah menambah kapasitas SDM lokal hingga tiga kali lipat. Berkantor pusat di Singapura, Glance memungkinkan pengguna menemukan konten dan topik-topik terbaik, yang paling trending, “selalu happening” yang sesuai dengan minat pengguna di berbagai kategori, pada layar kunci smartphone.

Selain menyuguhkan pengalaman unik bagi penikmat konten di internet, Glance juga memungkinkan brand dan publisher untuk terhubung dengan jutaan pengguna di platform lock screen yang paling banyak digunakan di smartphone.

Mengacu strategi “Indonesia First”, Glance menggelar acara virtual Glance Indonesia Unlocked pertama pada Rabu, 23 Februari 2022.

Acara ini bertujuan memberikan pemaparan kepada brand, publisher, konten kreator, dan pejabat pemerintah Indonesia tentang kekuatan layar kunci Glance sebagai platform untuk mendistribusikan konten.

Di acara ini, Glance juga meluncurkan fitur-fitur menarik seperti Live Streaming bagi para konten kreator, khususnya para gamer di Indonesia.

Glance Live telah terbukti menjadi platform paling sukses di India, di mana para konten kreator dapat mengumpulkan jutaan penonton secara real time, dan menghadirkan sesi interaktif di layar kunci.

Dr H Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang merupakan tamu kehormatan di acara ini mengatakan: “saya sangat mengapresiasi langkah Glance, unicorn yang berbasis di India, untuk hadir memberikan alternatif konten platform bagi pengguna di Indonesia”.

Sebagai platform di layar kunci ponsel, jutaan pengguna di Indonesia kini bisa langsung melihat konten-konten premium, ramah anak, informatif dan kredibel tanpa perlu membuka banyak aplikasi. Just turn it on and let explore Glance Indonesia!

Riwud Mujirahayu, Sekretaris Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf mengatakan: “kami dari Kemenparekraf/Baparekraf memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Glance. Kami menyambut baik komitmen Glance, sebagai salah satu startup berskala internasional, untuk terjun ke pasar ekonomi kreatif Indonesia. Kami memahami betul dampak besar yang sudah diberikan Glance di India dan Asia Tenggara, sebagai platform layar kunci ponsel.”

Jutaan pengguna aplikasi ini di Indonesia bisa langsung melihat konten-konten premium, ramah anak, informatif, dan kredibel tanpa perlu membuka banyak aplikasi. Tidak lupa, Glance akan menjadi showcasing bagi para content creators Indonesia.

Selama beberapa kuartal terakhir, Glance telah bekerja sama dengan sederet publisher terkemuka seperti Mongabay, The Conversation, Vice Indonesia, Liputan6, AsianParent.com Rasamasa, IDN Media, DW TV, dan Musica Studios.

Baru-baru ini, Glance juga menggandeng Collab Asia, perusahaan manajemen konten kreator papan atas. Collab Asia diharapkan dapat membantu Glance untuk membawa konten kreator tersohor untuk bergabung dan membuat konten lokal khas Indonesia di platform Glance.

Piyush Shah, Co-founder, InMobi Group, President COO Glance mengatakan: “Indonesia adalah salah satu pasar terbesar untuk Glance, dan saat ini kami fokus membesarkan pasar dengan strategi “Indonesia First”.

Indonesia merupakan mayoritas basis pengguna aktif Glance di Asia Tenggara. Lebih dari 50% smartphone yang akan terjual di Indonesia kami prediksi akan memiliki Glance sebagai platform lock screen terinstal.

“Kami melihat potensi yang luar biasa untuk platform inovatif seperti Glance untuk bisa tumbuh di Indonesia. Kehadiran Menteri Sandiaga Uno dalam acara ini merupakan wujud dukungan dari pemerintah Indonesia dan merupakan suatu kehormatan yang luar biasa bagi Glance,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (24/2/2022).

Khushboo Maheshwari, Vice President GM – International Markets, Glance mengatakan: “kami bekerja sama dengan beragam brands dan advertisers untuk memastikan mereka dapat membawa cerita brand mereka ke layar kunci pengguna dengan cara paling asli yang beresonansi dengan pengguna kami. Melalui kolaborasi dengan para kreator terkemuka dan konten partner ternama, platform Glance akan meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia, serta membantu mengembangkan produk, pengalaman dan pasar yang baru.”

Glance Indonesia Unlocked dihadiri oleh 28 pembicara dan lebih dari 280 delegasi. Acara virtual yang
berlangsung satu hari ini terbagi dalam tiga sesi, yaitu ‘The Power of Glance: Creator Publisher Connect’, ‘Gaming Bonanza: Gaming Connect’, dan ‘Show Me The Money: Brands Connect’.

Beberapa tokoh kunci yang hadir di antaranya, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Naveen Tewari Founder CEO InMobi Group, Kenny Buntara Country Manager for Internet Business Xiaomi, Winston Utomo Founder CEO IDN Media, Putri Tanjung CEO CXO Media, Ibnu Riza Presiden Asosiasi Esports Indonesia (IESPA), Himanshu Shekhar CEO GroupM Indonesia dan Eka Sugiarto Head of Media, Unilever Indonesia SEA.

Glance merupakan anak usaha tidak terkonsolidasi dari InMobi Group dan didukung oleh Google dan Mithril Capital, serta Jio Platforms sebagai investor.

Keunikan produk Glance telah mendapatkan penghargaan Frost Sullivan’s 2021 India Technology Innovation Leadership Award di industri platform layar kunci berbasis AI.

Tentang Glance

Didirikan pada tahun 2019, Glance merupakan perusahaan consumer internet yang menciptakan dua platform digital paling disruptif – Glance dan Roposo. Glance telah mendefinisikan ulang cara mengkonsumsi intenet di
layar kunci, menghilangkan kebutuhan pencarian dan pengunduhan aplikasi.

Lebih dari 400 juta smartphone kini telah hadir dengan pengalaman internet generasi berikutnya dari Glance. Roposo telah merevolusi perdagangan dengan meluncurkan destinasi bagi live entertainment commerce yang dipimpin kreator.

Berkantor pusat di Singapura, Glance merupakan anak perusahaan tidak terkonsolidasi dari InMobi Group dan
didanai oleh Jio Platforms, Google dan Mithril Capital. Untuk informasi lebih lanjut mengenai, silakan kunjungi
glance.com, roposo.com and inmobi.com.

Editor: denkur

Berita Terkait

Raih Puluhan Logam Mulia dan Motor Sport di MyPertamina Fair 2024, Tukarkan Poin Anda Sekarang!
bank bjb Tawarkan SBN Ritel ST013 dengan Imbal Hasil Hingga 6.50%
bank bjb Dukung Ekonomi Desa melalui Transaksi Non Tunai dengan Siskeudes-Link
WamenEkraf Ajak AINAKI Perkuat Kolaborasi Kembangkan Industri Animasi Indonesia
OJK Cirebon Dorong Penerapan Strategi Anti-Fraud untuk Perkuat Tata Kelola BPR di Ciayumajakuning
bank bjb Perluas Kolaborasi dengan BP Rebana untuk Pengembangan Kawasan Rebana
Dorong Pertumbuhan Ekonomi, BRI Finance Tawarkan Suku Bunga Kompetitif untuk Pembiayaan Mobil Bekas
Dukung Stabilitas Perekonomian, CIMB Niaga Dorong Optimalisasi Transaksi Mata Uang Lokal Antarnegara (LCT)
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 13 November 2024 - 16:21 WIB

bank bjb Tawarkan SBN Ritel ST013 dengan Imbal Hasil Hingga 6.50%

Senin, 11 November 2024 - 16:23 WIB

bank bjb Dukung Ekonomi Desa melalui Transaksi Non Tunai dengan Siskeudes-Link

Senin, 11 November 2024 - 12:22 WIB

WamenEkraf Ajak AINAKI Perkuat Kolaborasi Kembangkan Industri Animasi Indonesia

Sabtu, 9 November 2024 - 10:49 WIB

OJK Cirebon Dorong Penerapan Strategi Anti-Fraud untuk Perkuat Tata Kelola BPR di Ciayumajakuning

Jumat, 8 November 2024 - 21:46 WIB

bank bjb Perluas Kolaborasi dengan BP Rebana untuk Pengembangan Kawasan Rebana

Berita Terbaru