Perusahaan Teknologi Raksasa Google, Microsoft, dan Aisensum Ungkap Tiga Tips Taklukkan Transformasi Digital di 2023

Sabtu, 10 Desember 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tranformasi digital (Foto: Forbes.com/liputan6.com)

Tranformasi digital (Foto: Forbes.com/liputan6.com)

MarkPlus Conference 2023 yang digelar oleh MarkPlus Corp pada 8 Desember 2022 di The Ritz-Carlton, Jakarta menghadirkan talkshow Digital- Beyond Limits Business Transformation.


DARA | Di sesi ini, tiga perusahaan teknologi raksasa Google Indonesia, Microsoft, dan Aisensu, membagikan wawasan terkini soal transformasi digital serta bagaimana para pemasar harus menghadapinya.

1. Google: Digital Marketing Maturity

Elvira Jakub selaku Head of Industry Google Indonesia menyampaikan saat ini transformasi digital perlu segera diadaptasi oleh perusahaan untuk mengukur dimana posisi perusahaan dibandingkan kompetitor.

Esensi transformasi digital yakni mendorong efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

Untuk membantu perusahaan dalam perjalanan transformasi digitalnya, Google telah memperkenalkan kerangka Digital Marketing Maturity, yang terdiri dari Nascent di tahap pemula, Emerging di tahap menengah, Connected di tahap advanced, dan Multi-moment di tahap super advanced.

Bagi Elvira, perusahaan perlu terlebih dahulu memahami di tahap apa perusahaan berada, sehingga kemudian dapat menerapkan berbagai taktik dan strategi untuk meningkatkan Digital Marketing Maturity-nya.

Keempat tahapan ini dapat diakselerasi dengan konsolidasi media, pemanfaatan ads, personalisasi konsumen, integrasi CRM, dan percakapan yang data-driven.

“Menjadi data-driven artinya perusahaan dapat mengukur seluruh aktivitas yang dilakukannya,” ujar Elvira.

2. Aisensum: Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI)

Bicara soal iklan, Vivek Thomas selaku Managing Director Aisensum menyampaikan saat ini pemasar perlu memanfaatkan kekuatan Artificial Intelligence (AI) untuk memaksimalkan pemasaran digital. Misalnya untuk memahami seperti apa kebutuhan dan preferensi konsumen.

“Banyak usaha skala kecil yang baru lahir dan kerap mengeluh kenapa hasil beriklan mereka tidak membuahkan hasil atau ROI (Return of Investment), ini menjadi salah satu akibat ketika pemasar tidak melakukan riset sebelum mengeluarkan dana untuk beriklan,” tutur Vivek.

Bagi Viviek hal ini menjadi tantangan nomor satu yang dihadapi usaha kecil dalam pemasaran digital.

“Tanpa memanfaatkan Artificial Intelligence untuk mengolah data, pemasar hanya akan bertindak reaktif. Sebaliknya jika pemasar mampu memanfaatkan tsunami data maka Ia akan bertindak proaktif. Dalam beriklan pun, materi iklan harus merupakan hasil dari sebuah riset untuk mengetahui siapa segmen pelanggan anda. Setelah itu, data tersebut digunakan dan dikombinasikan dengan materi iklan,” ujar Viviek.

3. Microsoft: Sinergi Komunitas dan Talenta

Densi Refwalu Country Marketing Lead Microsoft Indonesia menyampaikan bahwa saat ini pemasar perlu menyadari pentingnya pemberdayaan komunitas dan talenta perusahaan.

“Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana komunitas di Indonesia dapat bersinergi untuk mempercepat
transformasi terutama dengan literasi digital”, ujarnya pada MarkPlus Conference 2023.

Editor: denkur

Berita Terkait

FIFGROUP Raih Penghargaan Indonesia Digital Sustainability Awards 2025
Apresiasi Agen Hebat, Pegadaian Gelar Agen Pegadaian Awards 2024 National
Tren Belanja Online 2024: 62% Gen Z Belanja via Live Shopping
Pertamax Turbo Dukung Sean Gelael di Ajang FIA WEC 2025: Perpaduan Kecepatan dan Keberlanjutan
Komisi XII DPR RI Pastikan Distribusi LPG 3 Kg Lancar hingga Sub Pangkalan
Ditopang Kinerja Sektor Logistik, PosIND Catat Laba Bersih Rp767,7 Miliar
CV Kahla Global Persada Ekspor Kripik Tempe ke Jeddah, Begini Harapan Bupati Sukabumi
KI DKI Jakarta Apresiasi Langkah Cepat Pemerintah Tangani Sulitnya Masyarakat Peroleh Gas LPG 3 Kilogram
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 20 Februari 2025 - 09:40 WIB

FIFGROUP Raih Penghargaan Indonesia Digital Sustainability Awards 2025

Kamis, 20 Februari 2025 - 09:28 WIB

Apresiasi Agen Hebat, Pegadaian Gelar Agen Pegadaian Awards 2024 National

Selasa, 18 Februari 2025 - 17:43 WIB

Tren Belanja Online 2024: 62% Gen Z Belanja via Live Shopping

Selasa, 18 Februari 2025 - 13:59 WIB

Pertamax Turbo Dukung Sean Gelael di Ajang FIA WEC 2025: Perpaduan Kecepatan dan Keberlanjutan

Selasa, 11 Februari 2025 - 13:45 WIB

Komisi XII DPR RI Pastikan Distribusi LPG 3 Kg Lancar hingga Sub Pangkalan

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

JABAR

Panglima TNI Kunjungi Makodim 0607/Kota Sukabumi

Sabtu, 22 Feb 2025 - 10:31 WIB