Home / Ads

Selama 6 Bulan, 696 Pengaduan Masuk ke KBB QR

Selasa, 21 Mei 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ILUSTRASI. Foto: Nextgov

ILUSTRASI. Foto: Nextgov

DARA | BANDUNG – Sejak diluncurkan pada Oktober 2018 hingga bulan ini Kabupaten Bandung Barat Quick Response (KBB QR) telah menerima 686 pengaduan. Dari jumlah tersebut 444 aduan belum ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait.

Kabid Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) KBB, Edo Endrawan, mengatakan, dari keseluruhan aduan yang masuk ke KBB QR, 238 aduan sudah selesai. Dinas Kesehatan menjadi perangkat daerah yang paling cepat menanggapi aduan warga di KBB QR.

“Sekarang ini per bulan ada sekitar 20 sampai 30 pengaduan. Pengaduan yang bercanda atau curhat juga ada. Tapi tidak kami masukan ke aplikasi. Soalnya kami belum menerima pengaduan yang bersifat curhat,” ujar Edo di Kantor Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, Selasa (21/5/2019).

Ia menerangkan, seluruh pengaduan masyarakat yang masuk ke KBB QR dapat dipantau oleh Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat. Sedangkan masyarakat umum tidak dapat mengetahui pengaduan yang masuk.

Dia membantah, pengaduan di KBB QR bersifat rahasia. Yang bisa mengakses hanya admin, bupati dan wabup.

“Pengaduan warga di KBB QR itu bukan rahasia. Tapi barangkali tidak patut diungkapkan ke publik. Di sini kami cuma seperti pintu, cuma buat akses masuk pengaduannya. Jadi, pengaduan itu kami sampaikan ke dinas terkait,”katatanya.

Menurut Edo, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  merupakan perangkat daerah yang paling banyak diadukan. Bahkan sejumlah warga pun melakukan pengaduan yang berulang.

“Setelah pengaduan disampaikan, lanjut dia, dinas terkait wajiban menindaklanjutinya. “Tindak lanjut pengaduan itu disampaikan ke KBB QR, lalu diteruskan kepada pengadu.

“Kalau sudah ditindaklanjuti, nanti di dalam sistem kami tandai sudah terselesaikan,” ujar dia.

Pada Oktober tahun lalu, Diskominfotik mencatat ribuan pengaduan warga yang masuk ke KBB QR. Tapi, dari ribuan pengaduan yang masuk, sebagian besar tak menyampaikan substansi permasalahan atau aspirasi dari pengirimnya. KBB QR memanfaatkan platform WhatsApp di nomor 08118071112.***

Wartawan: Muhammad Zein | Editor: Ayi Kusmawan

Berita Terkait

FGD Evaluasi Sampah Citarum, Mitigasi Harus dari Level Rumatangga
Simak Nih, 16 Artis dalam Pembagian Komisi AKD DPR RI, Ahmad Dhani dan Once di Komisi X
“свободное Зеркало Мостбет и Сегодня Актуальный Доступ К Сайту Mosbe
Mostbet Online Мостбет Официальный Сайт Букмекерской Компании И Казин
“Greatest Online Casino Down Under » Au Actual Money Casinos 202
Mostbet Přihlášení ️ Mostbet Subscription Na Oficiálních Stránkác
hello world
Citranatal 90 Dha Info
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 13 November 2024 - 10:12 WIB

FGD Evaluasi Sampah Citarum, Mitigasi Harus dari Level Rumatangga

Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Simak Nih, 16 Artis dalam Pembagian Komisi AKD DPR RI, Ahmad Dhani dan Once di Komisi X

Rabu, 2 Oktober 2024 - 22:19 WIB

“свободное Зеркало Мостбет и Сегодня Актуальный Доступ К Сайту Mosbe

Rabu, 2 Oktober 2024 - 17:43 WIB

Mostbet Online Мостбет Официальный Сайт Букмекерской Компании И Казин

Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:47 WIB

“Greatest Online Casino Down Under » Au Actual Money Casinos 202

Berita Terbaru

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

EDUKASI

Resmi, PPDB Diganti Jadi SPMB

Kamis, 30 Jan 2025 - 14:59 WIB

Bupati Bandung Dadang melepas Satgas PPR-PBG-PB saat apel gelar pasukan, di Plaza Upakarti Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (30/1/2025).(Foto: maji/dara)

BANDUNG UPDATE

7 Tim Satgas PPR-PBG-PB Kabupaten Bandung Disebar ke Beberapa Titik

Kamis, 30 Jan 2025 - 14:39 WIB