Setiap Hari Disdukcapil Menerima 500 Aduan via WhatsApp

Kamis, 19 November 2020

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kantor Disdukcapil Garut di Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut (Foto: Andre/dara.co.id)

Kantor Disdukcapil Garut di Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut (Foto: Andre/dara.co.id)

Pengaduan terhadap layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut, bisa capai angka kisaran 500 aduan setiap hari.


DARA | GARUT – Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Garut, Dadang Herawan Sugiarto, mengatakan, awalnya pengaduan melalui laman internet atau website bernama E-Lapor. Namun, pengaduan yang masuk hanya satu dua saja per hari.

Sekarang melaui whatsapp dengan teknologi yang mudah dijangkau masyarakat, ternyata ini antusiasmenya sangat luar biasa.

“Antusiasmenya sangat luar biasa, dalam satu hari saja kita bisa menerima aduan dan konsultasi itu sampai 500 WA yang masuk. Saya katakan luar biasa seperti ini,” ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Namun, lanjut Dadang, penanganan melalui aplikasi pesan singkat ini terkendala dengan aplikasi yang hanya bisa dibuka melalui dua perangkat.

“Tetapi dalam penanganannya kita maklumi, dalam WA ini tidak seperti web, tidak bisa dibuka di berbagai kamar dan pintu (teknologi). Tapi hanya bisa membuka paling di dua layar, pertama layar di hp itunya sendiri dan kedua melalui WA web google. ‘Nah dua pintu pelayanan ini ternyata kita tidak bisa merespon cepat dan sekaligus masukan-masukan atau pengaduan-pengaduan dari masyarakat,” ujarnya.

Dadang menyampaikan, pihaknya dalam sehari hanya bisa melayani kisaran seratus aduan, sehingga terjadi keterlambatan respon dari aduan melalui aplikasi whatsapp.

“Saya sebutkan tadi bahwa ini sangat lambat dalam merespon. Kami akui, bayangkan kemampuan merespon itu seharinya hanya berkisar seratusan saja. Tapi ketika masyarakat antusias ada data yang masuk dan pengaduan sampai bisa 500,” katanya.

Dengan demikian, imbuhnya, berarti ada sisa tunggakan pekerjaan yang terakumulasi, sehingga demi keadilan, pihaknya mencoba memberikan layanan itu untuk warga masyarakat yang lebih dulu masuk memberikan pengaduan atau konsultasi.

“Dengan pola seperti ini, kami menyelesaikan yang terlebih dahulu masuk, sedangkan yang lain dibutuhkan kesabaran menunggu terlayani,” ujarnya.***

Editor: denkur

 

Berita Terkait

Panglima TNI Kunjungi Makodim 0607/Kota Sukabumi
Puluhan Operator SD Ikuti Bimtek yang Digelar Disdik Kabupaten Sukabumi
Begini Ajakan Bupati Bandung Dadang Supriatna buat Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan
Dedi Mulyadi Fokus pada Infrastruktur dan Realokasi Anggaran Pembangunan Jabar
Syakur Amin Tegaskan Salah Satu Skala Prioritas dalam Kepemimpinannya adalah Peningkatan Pelayanan Publik
Dari Sertijab Bupati Sukabumi
Mengawali Tugasnya, Jeje Ritchie Ismail dan Asep Ismail Hadiri Sartijab Gubernur Jawa Barat
Pesan Presiden Prabowo buat Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat: Layani Segera Masyarakat
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Februari 2025 - 10:31 WIB

Panglima TNI Kunjungi Makodim 0607/Kota Sukabumi

Jumat, 21 Februari 2025 - 21:27 WIB

Begini Ajakan Bupati Bandung Dadang Supriatna buat Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan

Jumat, 21 Februari 2025 - 21:17 WIB

Dedi Mulyadi Fokus pada Infrastruktur dan Realokasi Anggaran Pembangunan Jabar

Jumat, 21 Februari 2025 - 17:38 WIB

Syakur Amin Tegaskan Salah Satu Skala Prioritas dalam Kepemimpinannya adalah Peningkatan Pelayanan Publik

Jumat, 21 Februari 2025 - 17:18 WIB

Dari Sertijab Bupati Sukabumi

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

JABAR

Panglima TNI Kunjungi Makodim 0607/Kota Sukabumi

Sabtu, 22 Feb 2025 - 10:31 WIB