Penggunaan wearable gadget makin meningkat. Wearable gadget dapat diartikan sebagai perpaduan antara teknologi dengan peralatan atau aksesoris yang dapat kita pakai, seperti smartwatch, smartband, virtual reality (VR), hingga smart sportswear (smart shoes).
DARA | Kemampuan memantau kesehatan tubuh, memberikan informasi terkini, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas di tempat kerja merupakan nilai unik yang ditawarkan gadget ini.
Ritme kehidupan yang menuntut masyarakat untuk bergerak cepat, efisien, dan up-to-date juga mendorong tingginya adopsi perangkat ini setiap hari.
Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui perspektif masyarakat Indonesia terkait tren ini. Laporan yang melibatkan 843 responden ini menunjukkan wearable gadget terpopuler, merek favorit, dan pertimbangan dalam memilih berbagai jenis produk wearable gadget.
Hasil survei menyatakan bahwa 64% responden memiliki wearable gadget. Kemudian, 58% berencana membeli barang tersebut di masa depan.
“Minat masyarakat terhadap wearable gadget terus meningkat. Jika beberapa tahun lalu mereka masih bisa beraktivitas tanpa wearable gadget, maka saat ini penggunaan wearable gadget menjadi sebuah keharusan,” ujar Head of Research Jakpat, Aska Primardi.
“Jika ditanya alasan pakai, maka jawaban mereka akan beragam, tetapi ada satu hal yang sama di antara mereka yaitu trend & hype issue terhadap perangkat gadget yang kemudian menumbuhkan karakter FOMO (fear of missing out) sebagai gadget user,” imbuhnya.
Smartwatch adalah wearable gadget terbanyak yang dimiliki oleh responden dengan persentase 68%. Tingkat pembelian produk ini masih tinggi dalam setengah tahun ke depan (66%).
Kemudian, 63% responden memiliki true wireless stereo (TWS) atau earbuds, disusul smartband dan VR dengan persentase masing-masing 34% dan 23%.
Fungsi wearable gadget
Wearable gadget umumnya digunakan untuk berbagai aktivitas. Sebagian besar responden menggunakannya untuk berolahraga, yaitu smart shoes (50%), smartband (41%), dan smartwatch (26%).
Ada juga yang memakai wearable gadget seperti VR (60%), TWS/earbuds (38%), smart ring (32%), dan smart glasses (22%) untuk bersantai di rumah.
Kebanyakan pemakai smartwatch menggunakan device ini untuk bekerja (31%) sementara pemakai smart tag untuk traveling (35%). Selain itu, berbagai wearable gadget ini juga digunakan untuk berbagai aktivitas lain seperti nongkrong, belajar, bermain dengan rekan, hingga pesta.
Pertimbangan dalam memilih wearable gadget
Ada berbagai faktor dalam memilih wearable gadget. Beberapa di antaranya adalah fitur yang lengkap, kualitas material, durasi baterai, harga yang terjangkau, merek, hingga cara penggunaan yang mudah.
Mencari informasi terkait barang yang dibeli adalah hal wajib, demikian juga bagi peminat wearable gadget. Ada berbagai sumber yang diandalkan para responden seperti akun Youtube lain yang membahas produk yang diincar, yang kemungkinan besar me-review produk tersebut.
Selain itu, kanal resmi merek juga menjadi acuan dalam membeli suatu produk wearable gadget, seperti website, akun Youtube, dan media sosial (Instagram, Twitter/X, dan TikTok).
Apa saja merek wearable gadget yang paling banyak digunakan dan yang paling menarik untuk dibeli di masa depan? Bagaimana tingkat kepuasan pada tiap merek wearable gadget yang laku di pasaran? Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat yang berjudul “Wearable Gadget Trends 2023” pada tautan berikut: https://blog.jakpat.net/wearable-gadget-trends-2023/
Tentang Jakpat
Jakpat adalah platform riset one-stop-service yang telah ada di industri ini selama 9 tahun, yang menghubungkan perusahaan/pemasar/mahasiswa dengan lebih dari 1.200.000 responden mobile kami di seluruh Indonesia dan mendapatkan wawasan dari mereka hanya dalam beberapa jam.
Sepanjang perjalanan, kami telah membantu lebih dari 3.000 klien dari berbagai industri untuk mendapatkan wawasan dan mengumpulkan pendapat dari panel komunitas kami yang dikelola dari seluruh Indonesia dengan memanfaatkan platform survei kami, tim ahli kami dan mengumpulkan pendapat dari konsumen Anda secara real time.***(Sri Yanti Nainggolan)
Editor: denkur