Peningkatan skill digital tengah menjadi concern berbagai pihak, tidak terkecuali Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta.
DARA | Disparekraf Provinsi DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan kemampuan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan.
Disparekraf DKI Jakarta dan BINAR menggelar pelatihan digital marketing dan UI/UX tingkat pemula bagi para UMKM binaan, Rabu (5/10/2022).
Kepala Dinas Parekraf DKI Andhika Permata mengatakan akan berupaya mengoptimalikan berbagai resource yang dimiliki untuk memastikan UMKM binaannya bisa terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan capacity building, sehingga UMKM bisa terus menjadi ujung tombak penggerak ekonomi.
“Saat ini industri berubah secara dinamis dari hari ke hari, oleh karena itu pelatihan bagi UMKM binaan kami harus terus dilakukan secara berkala. Pelatihan digital marketing dan UI/UX tingkat pemula ini kami lakukan dengan harapan UMKM binaan kami memiliki pemahaman akan pentingnya user journey dalam menggunakan atau membeli produk mereka. Serta bagaimana pemasaran digital bisa membantu meningkatkan penjualan secara optimal,” tutur Andhika, dalam rilis, Senin (10/10/2022).
Alamanda Shantika, CEO BINAR, mengapresiasi inisiatif yang dilaksanakan oleh Disparekraf DKI Jakarta melalui pelatihan ini.
“Pelatihan yang digelar Disparekraf DKI Jakarta ini merupakan inisiatif yang sangat baik dan perlu kita replikasi. Saya percaya bahwa upskilling kemampuan digital merupakan concern semua pihak, baik pelaku UMKM atau bahkan segenap aparatur, sehingga kita bisa menghasilkan lebih banyak talenta digital yang bisa terus membagikan kemampuan mereka kepada lingkungan sekitar,” kata Alamanda.
“Untuk mendukung hal tersebut, BINAR siap menjadi one stop solution untuk peningkatan digital bagi Disparekraf DKI Jakarta maupun segenap institusi lain di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” imbuhnya.
Pelatihan Digital Marketing dan UI/UX bagi Pemula yang digelar oleh Disparekraf DKI Jakarta diikuti oleh 50 orang peserta. Fasilitator yang dihadirkan, antara lain Agdzhur Rinalsyam, selaku Social Media Manager di BINAR yang membagikan skill tentang brand, digital campaign dan social media ads.
Fasilitator UI/UX menghadirkan Riyan Nugraha, Product Design Lead di BINAR yang berbagi tentang pentingnya user journey.
Sekilas tentang BINAR
BINAR merupakan aplikasi belajar keahlian digital yang didirikan pada tahun 2017 oleh Alamanda Shantika bersama dua alumnus Gojek lainnya, yaitu Dita Aisyah dan Seto Lareno.
Sebagai pelopor di bidang keahlian digital, BINAR memberikan pengalaman belajar baru seperti Experiential Learning, Flipped Learning, Project/Problem Based Learning, Collaborative Learning. Dengan demikian lulusannya dibekali kemampuan digital dan keahlian soft skill yang mencakup Kesadaran Sosial, Keberagaman, Sikap Inklusif, & Keadilan, Dapat Dipercaya dan Kolaborasi, yang sangat dibutuhkan di era sekarang.
BINAR memiliki tujuan untuk menghasilkan generasi talenta digital baru yang dapat menghadirkan inovasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.
Melalui program pendidikannya yang beragam, yaitu BINAR Bootcamp, BINAR Insight, BINARGO, serta layanan talent placement (Job Connect), BINAR berupaya mendukung pertumbuhan karier lulusan SMA, mahasiswa, orang-orang yang ingin berganti karier (career shifter), dan para pekerja yang ingin meningkatkan kemampuan. Hingga Juni 2022, BINAR telah memiliki lebih dari 400 ribu pengguna.
Editor: denkur