Tren Belanja Online 2024: 62% Gen Z Belanja via Live Shopping

Selasa, 18 Februari 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Persaingan e-commerce di Indonesia semakin ketat.

DARA | Sejumlah e-commerce mulai memperluas pasar, salah satunya dengan menyediakan layanan quick-commerce.

Seperti diketahui, e-commerce yang menyediakan layanan quick-commerce bukan hal baru lagi. Inovasi dalam hal kecepatan pengiriman terus dimunculkan.

Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui perilaku dan kebiasaan belanja online di Indonesia pada paruh kedua 2024 dengan melibatkan 2474 responden yang terdiri dari Generasi Z (37%), Milenial (41%), dan Generasi X (22%).

Riset ini melihat bagaimana penggunaan platform belanja di e-commerce dan quick-commerce serta strategi penjualan, khususnya live shopping dan affiliate link.

Hasil survei menyebutkan 91% responden melakukan transaksi online pada paruh kedua 2024. Lebih detail, 9 dari 10 orang mengaku bertransaksi di e-commerce dan 16% dari pembeli online berbelanja di platform quick-commerce.

Kebiasaan belanja online Gen Z

Pada semester kedua 2024, sebanyak 76% responden menggunakan dompet digital (e-wallet) sebagai metode pembayaran di e-commerce, disusul cash on delivery (COD) sebanyak 64% dan mobile/internet banking (47%).

Persentase tersebut tak jauh berbeda dengan Gen Z di mana mereka juga menggunakan e-wallet (75%), COD (69%), dan mobile/internet banking (42%) untuk membayar di e-commerce.

Kemudian, Gen Z menghabiskan rata-rata Rp414.309 untuk berbelanja di e-commerce per bulan. Nominal ini mengalami kenaikan sebanyak 14% dari tahun lalu.

Gen Z melihat live shopping dan affiliate link

Live shopping dan tautan afiliasi (affiliate link) adalah dua strategi pemasaran daring yang sudah dikenal luas. Keduanya menawarkan cara unik untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Sembilan dari 10 responden Gen Z mengaku pernah menonton live shopping dan 62% dari mereka melakukan transaksi via fitur tersebut.

“Saat ini pengalaman berbelanja juga menjadi hal yang penting bagi konsumen e-commerce. Dengan kata lain, belanja di e-commerce bukan hanya sekedar membeli produk saja, tetapi perlu adanya pengalaman berbelanja lebih interaktif dan personal. Nilai inilah yang menjadi kelebihan live shopping. Hal inilah yang bisa dipertimbangkan bagi para penjual produk di e-commerce. Tanpa adanya inovasi dan adaptasi terhadap kebutuhan pasar, mereka berisiko tertinggal di tengah persaingan yang semakin ketat,” ujar Head of Research Jakpat, Aska Primardi.

Sementara itu, 86% pembeli online Gen Z pernah membuka affiliate link dari media sosial dan 53% dari mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Apa saja pertimbangan dalam memilih platform belanja online? Apa saja merek e-commerce dan quick-commerce yang paling banyak digunakan? Bagaimana persepsi masyarakat terhadap masing-masing merek e-commerce dan quick-commerce di Indonesia? Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat “Indonesia E-commerce Trends – 2nd Semester of 2024” pada tautan berikut:

Indonesia E-Commerce Trends – 2nd Semester of 2024

Editor: denkur | Sumber: Rilis

Berita Terkait

FIFGROUP Raih Penghargaan Indonesia Digital Sustainability Awards 2025
Apresiasi Agen Hebat, Pegadaian Gelar Agen Pegadaian Awards 2024 National
Pertamax Turbo Dukung Sean Gelael di Ajang FIA WEC 2025: Perpaduan Kecepatan dan Keberlanjutan
Komisi XII DPR RI Pastikan Distribusi LPG 3 Kg Lancar hingga Sub Pangkalan
Ditopang Kinerja Sektor Logistik, PosIND Catat Laba Bersih Rp767,7 Miliar
CV Kahla Global Persada Ekspor Kripik Tempe ke Jeddah, Begini Harapan Bupati Sukabumi
KI DKI Jakarta Apresiasi Langkah Cepat Pemerintah Tangani Sulitnya Masyarakat Peroleh Gas LPG 3 Kilogram
Catatan BPS: Kondisi Ekonomi Jabar Januari 2025 Relatif Stabil
Berita ini 15 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 20 Februari 2025 - 09:28 WIB

Apresiasi Agen Hebat, Pegadaian Gelar Agen Pegadaian Awards 2024 National

Selasa, 18 Februari 2025 - 17:43 WIB

Tren Belanja Online 2024: 62% Gen Z Belanja via Live Shopping

Selasa, 18 Februari 2025 - 13:59 WIB

Pertamax Turbo Dukung Sean Gelael di Ajang FIA WEC 2025: Perpaduan Kecepatan dan Keberlanjutan

Selasa, 11 Februari 2025 - 13:45 WIB

Komisi XII DPR RI Pastikan Distribusi LPG 3 Kg Lancar hingga Sub Pangkalan

Selasa, 11 Februari 2025 - 08:54 WIB

Ditopang Kinerja Sektor Logistik, PosIND Catat Laba Bersih Rp767,7 Miliar

Berita Terbaru

CATATAN

KALKULASI TRUMP-NETANYAHU Israel-Hamas Makin Pragmatis

Kamis, 20 Feb 2025 - 12:37 WIB