Logo
Nasional

CIMB Niaga Perkuat Layanan dan Inovasi Digital

Wujudkan Mimpi Nasabah

CIMB Niaga Perkuat Layanan dan Inovasi Digital
Foto: Istimewa

Terbaru CIMB Niaga menghadirkan 2 Digital Branch


DARA | Sebagai upaya untuk terus mendukung nasabah dan masyarakat dalam mewujudkan mimpi dan aspirasinya sesuai purpose Advancing Customers and Society, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus memperkuat layanan perbankan di berbagai daerah, termasuk di Surabaya.

Di Kota Pahlawan ini, terbaru CIMB Niaga menghadirkan 2 Digital Branch (Sungkono dan Jemursari) yang menggabungkan layanan konvensional dengan fasilitas Digital Lounge dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga.

Kehadiran Digital Branch tersebut melengkapi layanan yang tersedia sehingga menjadi 20 kantor cabang termasuk 1 kantor cabang Syariah, serta 3 Digital Lounge yang tersebar di berbagai titik strategis sebagai solusi finansial bagi nasabah.

Untuk memudahkan layanan nasabah dari mana saja dan kapan saja, CIMB Niaga juga terus mengembangkan platform digital. Nasabah dapat mengakses OCTO by CIMB Niaga sebagai platform keuangan digital pilihan utama di Indonesia yang tersedia baik dalam aplikasi maupun website untuk membuka tabungan, transaksi sehari-hari, mengajukan pinjaman, hingga berinvestasi.

Kemudahan layanan digital juga dapat dirasakan oleh nasabah bisnis melalui BizChannel@CIMB serta para pemilik merchant melalui aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi bisnis bisnis menjadi lebih teratur dan efisien.

Head of Region Jawa Timur CIMB Niaga Rhena Octaria menyatakan, Surabaya dipilih sebagai salah satu kota yang menjadi fokus pengembangan inovasi dan layanan CIMB Niaga, mengingat kota ini tidak hanya menjadi ibu kota provinsi Jawa Timur, namun juga merupakan salah satu kota metropolitan yang paling
dinamis dan hub Indonesia bagian Timur yang terus berkembang.

Karena itu, CIMB Niaga juga terus menghadirkan inovasi terbarunya di Surabaya agar layanan nasabah semakin optimal.

“Di usia yang telah memasuki 70 tahun ini, kami terus berkomitmen untuk berperan aktif membantu nasabah dan masyarakat Indonesia mewujudkan mimpi dan aspirasinya dengan semangat bekerja dari hati, termasuk di Surabaya. Dengan beragam inovasi yang kami hadirkan di kota ini, seperti Digital Branch, kami ingin
meningkatkan layanan sesuai preferensi nasabah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Pada kesempatan ini, kami juga ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh nasabah dan stakeholders atas kepercayaan dan dukungannya, sehingga CIMB Niaga tumbuh menjadi bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia,” ujar Rhena dalam Media Gathering bersama CIMB Niaga di Surabaya, Kamis (9/10/2025).

Perkuat Inovasi dan Kinerja

Konsistensi CIMB Niaga dalam berinovasi, sejalan dengan milestone yang telah ditorehkan sejak berdiri 1955. Dalam rentang tujuh dekade, CIMB Niaga dikenal terdepan dalam inovasi di industri perbankan di Indonesia.

Mulai dari bank pertama di Indonesia yang menghadirkan mesin ATM (1987), bank pertama yang menyediakan layanan perbankan secara online (1991), hingga transformasi digital melalui aplikasi OCTO Mobile (2020) yang terus dikembangkan dengan fitur lengkap dan terkini sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Atas kepercayaan yang diberikan, CIMB Niaga berhasil meraih Net Promoter Score (NPS) pada 2024 sebesar 57, menunjukkan tingkat loyalitas nasabah yang sangat baik.

Selain itu, CIMB Niaga juga konsisten berkontribusi nyata melalui empat pilar Corporate Social Responsibility yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. Pilar pendidikan menjangkau lebih dari 108 ribu penerima lewat beasiswa serta literasi dan inklusi keuangan.

Pilar kesehatan dan kesejahteraan masyarakat menghadirkan inisiatif #CegahStunting bersama UNICEF untuk 1.000 anak gizi buruk. Pilar pemberdayaan ekonomi mendukung lebih dari 700 UMKM, terutama yang dikelola perempuan dan teman disabilitas di Indonesia Timur.

Sementara pilar iklim dan lingkungan mencakup penanaman 83.400 bambu dengan potensi serapan karbon lebih dari 11.400 ton CO₂, memberdayakan lebih dari 1.000 petani, serta pemanfaatan energi terbarukan.

Dari sisi kinerja, CIMB Niaga juga semakin kuat dan tumbuh positif. Pada semester I/2025, CIMB Niaga membukukan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp4,4 triliun. Kenaikan ini didukung oleh pertumbuhan kredit 6,8% Year-on-Year (YoY) menjadi Rp231,8 triliun serta Dana Pihak Ketiga (DPK) yang
mencapai Rp261,9 triliun.

Adapun total aset konsolidasian sebesar Rp357,9 triliun per 30 Juni 2025 yang memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Rasio CASA juga tetap kuat di angka 69,0%, sebagai bukti dari meningkatnya kepercayaan nasabah terhadap layanan perbankan CIMB Niaga. Di sektor perbankan syariah, Unit Usaha Syariah CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) mencatat kinerja yang solid dengan pembiayaan Rp59,6 triliun dan DPK Rp48,2
triliun.

“Dengan inovasi dan kinerja yang solid, CIMB Niaga siap melangkah ke depan dengan penuh keyakinan untuk mengukir lebih banyak kisah sukses bersama nasabah. Dengan semangat bekerja dari hati (Work From Heart), kami berkomitmen untuk terus menyediakan layanan finansial yang relevan bagi nasabah individu dan bisnis, sekaligus mendukung kemajuan Indonesia melalui solusi digital dan keberlanjutan,” ujar Rhena.

Editor: denkur